Kamis, Desember 12, 2019
hut daerah
Senin, 09 September 2019 12:07

Di Haornas, Mujidin Bantilan Ajak Mari Budayakan Olah Raga Tradisional

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Alasannews.com, TOLITOLI-SULTENG | Di hari olah raga nasional (Haronas) Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Kadispora) Tolitoli, Ir Mujidin Bantilan mengajak masyarakat untuk tetap melakukan olah raga tradisonal.

Mujidin mengemukakan hal itu, diacara memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 serta Hari Radio ke 74 Tahun 2019, tingkat Kabupaten Tolitoli yang di pusatkan di taman kota GMB, Minggu (8/9).

Kegiatan Haornas di Kabupaten Tolitoli dirangkai bersama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Tolitoli menyelenggarakan sejumlah lomba dan kegiatan olahraga tradisional.

Mujidin menyebut ada bebarapa olah raga tradisional yang perlu kita masyarakat, seperti Enggrang, Terompah Panjang, Hadang dan Panahan. Olah raga ini selain menarik, juga murah dalam hal biaya sehingga bisa dilakukan secara massal, katanya.

Tampak, pada Haornas yang dibuka Wabup Abd Rahman  itu, melombahkan cabang-cabang dimaksud. Seru dan diwarnai galak tawa pengunjung menyaksikan atraksi peserta Terompah Panjang.

Olah raga tradisional Terompah, hatus dilakukan secara massal sehingga memiliki daya tarik dan budaya kekeluargaan pun muncul. Tanpa ada kekompakan, olah raga ini sulit dilakukan dengan baik.

Pantauan alasannews.com, masyarakat menikmati keseruan olah raga tradisonal yang digelar di taman kota tersebut. "Ini baru seruh. Jangan setiap acara yang serba modern. Begini-begini, baik dan mengingatkan kita akan budaya," ujar Maruf.

Sebelumnya, Wabup Abd Rahman menegaskan betapa pentingnya nilai olah raga tradisional terhadap perkembangan budaya di daerah. Olah raga tradisonal, merupakan bagian dari budaya yang harus di masyarakatkan.puan

 

 

Baca 58 kali

Kontak Polisi

RESOR PALU