Kamis, November 21, 2019
Kamis, 30 November 2017 18:08

5 Calon Bintang Liga Malaysia asal ASEAN, 3 Pemain dari Indonesia

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan operator kompetisi Liga Malaysia (FMLPP) sudah resmi menerapkan regulasi baru menyangkut penggunaan pemain asing pada Liga Super Malaysia dan Liga Premier Malaysia mulai musim 2018.

 

 

 

Setiap klub peserta kompetisi kasta tertinggi (Liga Super) boleh menggunakan lima pemain dengan rincian 3+1+1 (tiga pemain non Asia, satu pemain Asia, dan satu pemain ASEAN).

Sementara klub kasta kedua (Liga Premier) boleh merekrut tiga pemain, yakni tiga pemain non Asia dan satu pemain Asia (3+1).

Alhasil, regulasi itu jadi pintu masuk bagi pemain-pemain ASEAN untuk berkiprah di Negeri Jiran. Bak gayung bersambut, klub-klub di Malaysia memang ingin mendatangkan pemain dari negara-negara tetangga tak terkecuali Indonesia.

Pemain-pemain di Indonesia maupun Singapura juga berminat mengembangkan sayap dengan menjajal kemampuan di Malaysia.

Beberapa pemain Indonesia lebih tertarik bermain di Malaysia ketimbang di liga lain, semisal Liga Thailand yang juga menerapkan regulasi adanya penggunaan pemain dari ASEAN mulai musim 2018, dengan sejumlah pertimbangan. Semisal, kedekatan geografis dan kemiripan budaya.

Jika pemain dari Indonesia dan Singapura lebih senang menyerbu Malaysia, klub di Liga Thailand cenderung lebih "dekat" dengan pemain-pemain dari Kamboja dan Myanmar.

Dalam tulisannya pada Jumat (24/11/2017), Fox Sports Asia menulis ada lima pemain dari ASEAN yang berpotensi bermain di Liga Malaysia pada musim 2018. Menariknya, dari lima itu tiga di antaranya dihuni pemain asal Indonesia.

Siapa saja mereka? Berikut daftar selengkapnya

Baca 281 kali

Kontak Polisi

RESOR PALU