Selasa, Januari 28, 2020
Jumat, 30 Agustus 2019 11:08

Vietnam Dan Malaysia Bekerjasama Sama Pastikan Stabilitas Keamanan Di Laut Cina Selatan

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
 
HANOI, 27 Agustus (Bernama) - Vietnam dan Malaysia telah sepakat untuk bekerja sama secara erat dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk memastikan perdamaian, stabilitas dan kebebasan navigasi dan penerbangan di wilayah yang disengketakan di Laut Cina Selatan. 

Alasannews.com, Hanoi | Vietnam dan Malaysia sepakat bekerja sama memastikan keamanan di Laut Cina Selatan setelah pemimpin kedua negara bertemua di Hanoi Vietnam, Selasa (27/08/2019).
 
Keamanan di laut Cina Selatan itu dibahas saat Dr. Mahathir Mohamad sedang dalam kunjungan resmi tiga hari ke Vietnam sejak Senin (26/8).
 
Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengatakan penting untuk menyelesaikan perselisihan secara damai sesuai dengan hukum internasional 1982 serta Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCLOS) tentang sengketa batas laut.
 
“Sebagai Dua tetangga yang bersahabat di Laut Cina Selatan, kami telah sepakat untuk bekerja sama dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya di Laut Cina Selatan untuk menghormati proses diplomatik dan hukum, untuk menghindari penggunaan atau kekuatan ancaman dan militer.


Dikatakan pihaknya sepenuhnya mematuhi Deklarasi Para Pihak di Laut Cina Selatan (DOC) dan untuk mencapai substantif, efektif dan sah (CoC). Penegasan itu disampaikan pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Malaysia Dr. Mahathir Mohamad. 


Sebelumnya, seperti dikutip dari Bernama.com, pada tanggal 31 Juli, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan ASEAN dan Beijing telah menyelesaikan pembacaan pertama naskah konsep tunggal dari negosiasi CoC. 

Wang, yang berada di Bangkok untuk pertemuan tahunan Menteri Luar Negeri ASEAN, mengatakan itu adalah tonggak penting dalam pembicaraan CoC dan menandai langkah kritis menuju tujuan untuk mengakhiri pembicaraan tiga tahun.

DoC on the South China Sea, ditandatangani oleh China dan ASEAN pada tahun 2002, menguraikan kebijakan-kebijakan penting dalam mengelola perselisihan tentang Laut Cina Selatan. 

Pada 2013, konsultasi untuk CoC diluncurkan. Keduanya ditujukan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di wilayah tersebut......(Ma'ruf Asli)
Baca 110 kali

Formulir Pendaftaran

Click Disini

Kontak Polisi

RESOR PALU