hpn2020
Kamis, 05 Desember 2019 11:27

Pemda Tolitoli Apresiasi Tehnologi Pertambakan

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

ANcom, TOLITOLI | Pemda Tolitoli melalui Dinas Kelautan dan Perikanan mengapresiasi penerapan tehnologi budidaya pertambakan.

Hal itu terungkap pada acara Focus Group Discussion (FGD) Pelaksanaan Pekerjaan Detail Engineering Design (DED) tahun anggaran 2019 di Aula Suwot Pollimpungan Kantor Bupati Tolitoli, Kamis siang (5/12).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Tolitoli diwakili Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Ir. Muh Nur Munawar didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tolitoli Ir. Gusman dan Perwakilan Direktur Jenderal Budidaya Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI M. Nurzain.

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ir. Muh Nur Munawar mengatakan bahwa, tingginya kebutuhan udang dan ikan di pasar dunia, berimplikasi pada naiknya pendapatan devisa negara dan meningkatkan pendapatan masyarakat pembudidaya.

Olehnya itu, diperlukan percepatan produksi budidaya tambak yang berkelanjutan. Pembangunan budidaya perikanan tersebut harus mampu mendayagunakan teknologi budidaya intensif secara berkelanjutan dengan memanfaatkan potensi sumber daya pesisir melalui kelayakan lahan budidaya tambak yang ada.

Selanjutnya, menurut Bupati, Kabupaten Tolitoli memiliki potensi perikanan darat yang perlu diupayakan secara maksimal guna mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Dengan adanya pembangunan infrastruktur perikanan darat di Kabupaten Tolitoli, tentu memerlukan kerja sama stakeholder terkait, akademisi dan pemerhati lingkungan dengan melakukan kajian secara komprehensif terhadap berbagai faktor.

"Jangan sampai, pembangunan proyek tersebut memberi dampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, yang nantinya akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Bupati berharap dari kegiatan tersebut nantinya memberi manfaat bagi perekonomian daerah khususnya dalam membuka lapangan kerja sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar bupati.

Sementara perwakilan dari Dirjen Budidaya Perikanan KKP RI menjelaskan, FGD ini merupakan finalisasi penyusunan draft akhir penyusunan laporan DED pembangunan perikanan budidaya yang telah dilaksanakan di dua wilayah Kecamatan di Kabupaten Tolitoli yakni Kecamatan Baolan dan Kecamatan Dampal Selatan.

Program ini merupakan kerjasama dari 2 Kementrian yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Dipilihnya dua Kecamatan tersebut, karena dari hasil survey dinas terkait, dua wilayah itu berpotensi untuk dibangun perikanan budidaya, jelas Nurzain. Kegiatan ini turut pula dihadiri sejumlah pejabat dari Kementerian PUPR RI, Camat Baolan Abdullah Burhanuddin, S.Sos, Camat Dampal Selatan Salman Hi. Yahya, SH,MH serta para pemilik tambak dari 2 Kecamatan dimaksud.

Reporter : FITHRIYANI Dg, PAREBBA

Baca 199 kali
Umroh

Kontak Polisi

RESOR PALU