hpn2020
Minggu, 26 Januari 2020 02:34

Bangkai Lumba-lumba Membusuk, Dinas Perikanan Salahkan Pokmas

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

TOLITOLI - alasannews | Bangkai Ikan Lumba-lumba yang membusuk di pantai Ogogasang, satu bukti Kelalaian Instansi terkait dalam hal ini Dinas Perikanan.

Informasi yang dikumpulkan awak media ini, ikan ini awalnya terdampar dan mendapat pertolongan seadanya dari warga setempat namun tapi sia-sia.

Akhirnya, ikan ini mati dan menjadi bangkai dan menimbulkan bau menyengat hingga ke pemukiman warga pantai Desa Ogogasang.

Diceritakan oleh warga, bajwa ikan Lumba-lumba yang terseret ombak sempat ditolong warga untuk dikembalikan ke laut pada Senin silam.

Namun pada sore harinya ikan tersebut kembali terdampar dan akhirnya mati. Diduga penyebabya karena terluka di bagian kepala. Warga lantas mendorong bangkai ikan yang baru mati itu ke laut dengan harapan terbawa arus ke tengah laut.

Namun berapa waktu kemudian bangkai ikan itu kembali terdampar di pantai yang sama dalam kondisi membengkak dan menimbulkan bau menyengat hingga ke pemukiman sekitar.

Sejak dilansir media ini dan sempat juga terekspose di media sosial, 5ak ada tanggapan resmi dari dinas berkompeten. Kepala Dinas Perikanan Tolitoli, Ir Gusman yang sempat dikonfirmasi pada Kamis (23/1), mengaku tak mendapat laporan.

"Saya tidak dapat laporan", singkatnya walau pun telah ditunjukkan link berita terkait hal tersebut. Kondisi ikan kategori langkah yang hidup berkelompok dan sering di jumpai dekat Pulau Simatang Dampal Utara tepat di depan Teluk Dondo (Laut Sulawesi) itu sungguh memperihatinkan.

Warga sempat kebingungan dan tak tau harus berbuat apa. Pasalnya mereka takut segala sesuatunya dikemudian hari. Sebab mendapat informasi jika ikan itu jenis dilindungi. Petugas dari instansi terkait pun tak kunjung datang memberi arahan.

Alhasil warga membiarkan bangkai ikan tersebut begitu saja tanpa ada yang berani menyentuh. Awak media ini yang sempat diajak warga menyaksikan bangkai ikan tersebut sempat mengabadikan gambar ikan yang mulai mengeluarkan bau busuk itu.

Kondisinya benar-benar memprihatinkan. Penuturan warga setempat bernama Rapdil, mengatakan bahwa tak ada sesiapa pun yang datang menyaksikan ikan itu dari instansi perikanan. "Entahlah kalau saya pas tidak ada di sini mereka datang," pungkas Rapdil........(Hasbi).

Baca 71 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Umroh

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU