Sabtu, Januari 25, 2020
Senin, 02 Desember 2019 11:44

Milad I Matanggauk, akan Diperingati dengan Menggelar Festival Budaya, dipastikan berlangsung di Balre Adat dan PGB.

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
Ketua panitia Milad, Moh Siradjudin dan Sek Panitia, kepada Alasannews.com, di sela-sela persiapan Milad mengatakan, Milad I ini akan dilaksanakan sesederhana mungkin.
 
"Kami akan menggelar Milad pertama di Balre Adat dan PGB," ujar keduanya.
 
Dengan waktu yang singkat, panitia sudah mengkosolidasikan seluruh anggota yang tergabung dalam gruop Lembaga Adat Matanggauk (LAM) sebagai panitia dengan menunjukkan adik Raja Tolitoli ke XVII Moh saleh Bantilan sebagai panitia penanggungjawab.
 
Harun yang dikonfirmasi mengatakan, agenda utama selain pengukuhan kerabat kerajaan, kirab atau karnaval dan lomba lagi dan seni daerah.
 
Sementara kerabat kerajaan Moh Azhar Bantilan kepada alasannews.com mengatakan, apa yang dilaksanakan pada Milad I ini jauh dari yang sempurnah.
 
"Karena ini yang pertama, yang kita maklumi pasti ada beberapa kekurangan yang harus disempurnakan pada Milad di tahun tahun mendatang," tandas Azhar.
 
Matanggauk, kebudayaan asli Tolitoli dalam agenda pengukuhan raja sekaligus sebagai prosesi secara adat
 
Prosesi adat matanggauk, 11 Desember 2018 lalu, merupakan pengukuhan H Moh Saleh Bantilan menjadi raja ke XVII Tolitoli menggantikan almarhum H Anwar Bantilan.
 
Moh Saleh Bantilan, putra ke tiga H Anwar Bantilan memegang tonggak estafet dalam kerajaan Tolitoli, setelah menerima wasiat sepeninggal ayahandanya, Moh Anwar Bantilan.
 
Dan Milad matanggauk merupakan hari proses penobatan Moh Saleh Bantilan ke singgahsana yang pada waktu itu di sematkan oleh kerajabat kerajaan Mangkunegara dari Solo, KRMH Japto Soeryosoemarno.suardi
Baca 120 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Formulir Pendaftaran

Click Disini

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU