Rabu, Januari 22, 2020
Senin, 07 Oktober 2019 23:21

TNI AL Tolitoli dan Pemda Tanam Mangrove di Pantai Wisata Niug Tubele

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Foto:rizal/humas

Alasannews.com, Tolitoli | Memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT-TNI) ke 74 Tahun 2019, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli melakukan penanaman mangrove di Niug Tubele Beach (NTB) Desa Kalangkangan, Kecamatan Galang pada senin pagi (7/10).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Tolitoli yang diwakili Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Ir. Moh. Nur Munawar bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan pimpinan unit kerja di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tolitoli, para Pimpinan Instansi vertikal, pimpinan BUMN dan BUMD, Camat Galang, Ketua Jalasenastri beserta seluruh anggota, jajaran Pangkalan TNI Angkatan laut Tolitoli, para pelajar dan undangan lainnya.

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ir. Moh. Nur Munawar menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada Danlanal Tolitoli beserta seluruh jajarannya yang telah melaksanakan kegiatan yang cukup penting dan strategis ini.

Bupati mengatakan penanaman magrove merupakan wujud kepedulian dan kesadaran bersama seluruh jajaran TNI angkatan laut terhadap lingkungan. Diketahui bahwa pepohonan magrove yang tumbuh menjadi kawasan hutan magrove dapat mencegah terjadinya intrusi atau perembesan air laut kedaratan, bila air laut merembes ketanah daratan tentunya akan menyebabkan air tanah menjadi payau sehingga tidak layak untuk dikomsumsi. Bupati lanjut mengatakan bumi ini merupakan titipan untuk diwariskan kepada anak cucu karena penting bagi kita untuk dipertanggung jawabkan dan bersama-sama merawat lingkungan. Sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kelangsungan fungsi ekosistem secara sosial ekonomi bagi masyarakat yang tinggal dikawasan ini.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, ST, M.Ter (Hanla) mengatakan kegiatan penanaman pohon mangrove ini dilaksanakan secara serentak di seluruh pesisir pantai Indonesia dalam rangka peringatan HUT TNI ke 74 dengan mengangkat tema “Selamatkan bumi untuk anak cucu kita”. Kegiatan ini juga dilaporkan secara langsung melalui teleconfrence kepada Panglima TNI, di mana kegiatannya melibatkan unsur TNI, Polri, Forkopimda, Jalasenastri, unsur Maritim, pelajar dan masyarakat umum. Mangrove yang ditanam sebanyak kurang lebih 2500 bibit.

Reporter : asriati

Editor: puan

 

Baca 73 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Formulir Pendaftaran

Click Disini

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU