Rabu, Januari 29, 2020
Kamis, 26 September 2019 15:13

Belum Tertangkap, Oknum Sipir Kabur Kasus Narkoba, Kalapas Kelas II Tolitoli Diminta Kooperatif

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
Perangi Narkoba, Iptu. S Kinsale, Kasat Narkoba Polres Tolitoli
 
alasannews.com, Tolitoli-Sulteng | Belum tertangkapnya Irsad, salah seorang sipir Lapas Kelas IIB Tolitoli yang kabur dengan mengelabui petugas saat digrebek terkait kasus narkoba, diduga mendapat support dari pihak Lapas Tolitoli.
 
Pihak petugas dari Satuan Narkoba Polres Tolitoli hingga saat ini seperti kehilangan jejak atas keberadaan IR yang lolos dengan menanggalkan baju dinasnya yang kini jadi barang bukti bagi penyidik.
 
Menghilangnya IR, mengundang tanya oleh sebab tak ada keterangan sedikitpun dari pimpinan instansi dimana ia bertugas.
 
Hingga kini tak ada keterangan apakah IR masih aktif bertugas atau sudah tidak masuk melaksanakan tugas sejak melarikan diri saat kejadian penggerebekan itu.
 
Kokohnya benteng Lapas Kelas II B Tolitoli dan tertutupnya informasi dari petinggi Lapas, menimbulkan kecurigaan atas keberadaan IR bersembunyi di dalam Lapas.
 
Terkait hal itu, Kasat Narkoba Polres Tolitoli, Iptu. S. Kinsale menghimbau agar Kalapas Kelas II B Tolitoli bisa koo peratif.
 
Sikap itu menurut Kinsale diperlukan untuk menghindarkan Lembaga Pemasyarakatan itu dari berbagai tudingan yang kurang menguntungkan.
 
"Sebaiknya pihak Kalapas kkoperatif. Itu untuk membuktikan kita sama-sama pro pemberantasan narkoba," ucap perwira Dua Bapak ini kepada Alasannews.com belum lama ini.
 
Menjawab pertanyaan belum adanya penetapan status DPO (Daftar Pencarian Orang), perwira yang kenyang pengalam reskrim itu mengaku belum bisa ditetapkan DPO karena yang bersangkutan masih proses lidik. 
 
"Belum DPO karena masih proses lidik. untuk DPO kalau sudah berstatus tersangka," terangnya saat dikonfirmasi Kamis Sore (6/9/2019).
 
Seperti dilansir sekolah media, penggerebekan atas kasus kepemilikan Narkoba di salah satu rumah di  Kompleks Perumahan Griya Dapalak Nopi, Kelurahan Nalu, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Kamis (19/9) lalu terhadap oknum Sipir di Lapas Tolitoli.
 
Oknum itu berhasil kabur dengan mengelabui petugas. Namun, satu tersangka lainnya yang merupakan rekan oknum petugas lapas tersebut pada saat penggeledahan berada di tempat dan di tahan.
 
Dalam penggeledahan tersebut, petugas menemukan narkoba jenis sabu-sabu yang terbungkus dalam kemasan teh seberat 600 gram.
 
Selain menyita barang bukti berupa sabu, Polisi juga mengamankan satu unit TV 21 inci, kamera cctv, alat isap bong, timbangan digital, dan baju seragam milik oknum petugas Lapas Tolitoli tersebut.
 
Kejadian ini menjadi tambahan koleksi  kasus yang melibatkan oknum petugas lapas dalam kasus Narkoba.
 
Sulit dipungkiri bahwa tudingan miring terhadap Lapas Kelas II B Tolitoli sebagai tempat peredaran dan pusat kendali Narkoba di Tolitoli. Sederet kejadian menunjukkan adanya hubungan yang mengarah pada hipotesa itu.
 
Kondisi itu semakin parah dengan adanya kasus yang mengarah pada keterlibatan Kepala Pengamanan Lapas Tolitoli MR berkolaborasi dengan bandar narkoba HT yang saat ini menjadi warga binaan Lapas Tolitoli........( Redaksi AN)
Baca 418 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Formulir Pendaftaran

Click Disini

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU