Rabu, Januari 29, 2020
Selasa, 03 September 2019 12:29

Tersisa Dua Hari Masa Jabatan, DPRD Tolitoli 'Dipaksa' Sidang Kembali Sahkan APBD Perubahan 2019

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
 
Alasannews.com, Tolitoli-Sulteng | Tersisa waktu Dua hari jelang berakhirnya masa jabatannya,  DPRD Tolitoli periode 2014-2019, terpaksa harus melaksanakan Rapat Paripurna Pengesahan Rancangan Perda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 besok Rabu (4/9).
 
Sekretaris DPRD Tolitoli (Sekwan), Drs. Budhi Y. Katiandagho, MM., menyampaikan hal itu kepada Alasannews.com di ruang sidang utama DPRD Tolitoli, Selasa (3/9/2019).
 
Menurut Sekwan, sidang paripurna itu mengagendakan pengesahan Ranperda APBD Perubahan. Langkah itu berdasarkan hasil konsultasi dengan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah terkait gagal disahkan beberapa waktu lalu karena alasan tidak quorum.
 
"Sesuai hasil konsultasi ke Gubernur Sulawesi Tengah, harus di paripurnakan. Untuk itu kami persiapkan segala sesuatunya persidangan besok," ungkap Sekwan yang saat itu sedang sibuk mengawal jajarannya membenahi ruang sidang utama DPRD Tolitoli.
 
Beberapa hari lalu pengesahan PBD-P dilaporkan gagal dilaksanakan karena jumlah Anggota DPRD yang hadir tidak memenuhi 50%+1 dari 30 Anggota DPRD alias tidak Quorum.
 
Gagalnya pengesahan APBD Perubahan 2019 ini menyebabkan kebingungan tersendiri bagi penyelenggaraan anggaran daerah Tolitoli di triwulan akhir 2019.
 
APBD Perubahan itu memberi legalitas atas pergeseran anggaran pembangunan daerah karena adanya penambahan ataupun pengurangan nilai anggaran dari APBD Awal.
 
Sejatinya APBD Perubahan itu sudah selesai disahkan oleh anggota DPRD Tolitoli periode 2014-2019 yang akan berakhir 3 hari lagi. 
 
Saat ditanya mengenai waktu yang sangat kasip, palagi menjelang persiapan pelantikan nggota DPRD baru yang tinggal Dua hari lagi, Sekwan mengatakan terpaksa harus dilakukan oleh DPRD periode sekarang  walaupun masuk detik-detik akhir masa jabatan.
 
Menurut Tokoh Birokrasi senior ini,  kecil kemungkin pembahasan oleh Anggota yang baru karena ltu butuh waktu untuk membenahi alat kelengkapan dewan yang baru. Padahal pengesahan APBDP itu ada batas waktunya.
 
"Masih cukup waktu. Toh juga Anggota DPRD sekarng sudah tidak terlalu sibuk," imbuhnya......(Ma'ruf Asli). 
Baca 148 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Formulir Pendaftaran

Click Disini

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU