Rabu, Januari 29, 2020
Jumat, 12 Juli 2019 11:27

Korban Dihabisi Dihadapan Putrinya Yang Baru Umur 4 Tahun, Kapolres Tolitoli: Pelaku Sudah Rencanakan

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Kapolres Tolitoli AKBP. Hendro Purwoko, SIK, MH., didampingi sejumlah perwira Polres Tolitoli saat jumpa pers terkait pembunuhan berencana di Dampal Selatan

Alasannews.com, Tolitoli-Sulteng | Polres Tolitoli akhirnya mengungkap kasus pembunuhan terhadap Sudirman alias Sudi Puru-purur di Desa Lempe yang terjadi Kamis (4/7) pekan lalu.

Dua dari Tiga pelaku, Asbudi alias Budi (38) dan Naharuddin alias Unding (32) dimunculkan di depan para awak media saat konfrensi pers yang digelar Polres Tolitoli di Ruang Aula Parama Satwika Polres Tolitoli, Jum'at sore (12/7/2019).

Kapolres Tolitoli AKBP. Hendro Purwoko, SIK., MH., pada kesempatan itu mengatakan pembunuhan tersebut sudah direncanakan. Hal itu berdasarkan keterangan dari kedua pelaku di depan penyidik Polres Tolitoli.

"Pembunuhan itu dilakukan tiga orang dan sudah direncanakan sebelumnya oleh pelaku," kata Hendro Purwoko dalam keterangan persnya di hadapan sejumlah wartawan.

Selain sadis, dalam peristiwa pembunuhan itu terungkap bahwa Sudirman dihabisi di depan putrinya April yang masih berusia 4 Tahun.

April saat itu sedang dibonceng dalam perjalanan. Ayahnya membawa April belok memenuhi undangan pesta minum miras di rumah kebun milik salah satu pelaku.

Usai acara, Siding salah seorang yang menginisiasi pesta itu minta ikut pulang berboncengan Sudirman dan putrinya. Dalam perjalanan, pelaku pura-pura singgah buang air. Kembali dari buang air, pelaku membawa kayu yang telah disiapkan sebelumnya ditempat itu. Saat itulah Sudirman dihantam dengan kayu hingga tak berdaya disaksikan putrinya sendiri.

Pelaku lalu mengantar putri korban kepada ibunya lalu kembali ke lokasi kejadian. Didapati korban masih bergerak. Salah seorang pelaku yang menyusul Siding mengambil batu dan menghantamkan ke leher korban hingga tewas.

Saat ditanya motif pembunuhan itu, Kapolres yang didampingi sejumlah petinggi Polres menjelaskan pembunuhan itu dilatari ketidaksenangan pelaku atas sikap dan sifat korban. Siding sebagai otak perencana pembunuhan menganggap Sudirman yang masih teman dan tinggal satu desa dengannya, memiliki sifat yang tidak baik.

Informasi yang didapat media alasannews.com, menyebutkan adanya rivalitas semacam persaingan reputasi diantara korban dan pelaku.

Sayangnya pelaku utama Siding belum berhasil ditangkap sampai saat ini. Namun Kapolres Tolitoli mengatakana pihaknya terus melakukan pengejaran terjadap otak dan pelaku pembunuhan itu. Diperkirakan pelaku utma tersebut masih berada di wilayah Tolitoli

Adapun kedua pelaku yang telah berhasil ditangkap tim reskrim Polres Tolitoli kini meringkuk ditahanan Polres Tolitoli.

Pasal 340 KUHP sub Pasal 338 KUHP sub Pasal 351 ayat (3) Jo Pasal 55 KUHP menjadi pasal yang dipersangkakan.... (Ma'ruf)

Baca 465 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Formulir Pendaftaran

Click Disini

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU