hpn2020
Jumat, 06 Desember 2019 23:42

Ayo ke PGB, Tolitoli Pamerkan Budaya dan Hasil Pembangunan

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Alasannews.com | Akhir pekan ini kamu bisa menyaksikan bagaimana atraksi budaya Matànggaukan di PGB Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Budaya Matnggauk merupakan salah satu budaya tertua suku Tolitoli. Matanggauk atau magauk merupakan prosesi pengangkatan atau penobatan raja atau pengakuan khalayak luas akan sang adanya raja.

Pantauan alasannews.com, atraksi budaya tertua kali ini dilaksanakan atas hari ulang tahun yang bertepatan dengan hutda kabupaten Tolitoli.

Atraksi budaya yang diikutkan dalam acara pemda berupa memamerkannya kepada khalayak akan keberadaan istana raja yang memang berkedudukan di Nalu--kelurahan nalu. Mau kemana kamu liburan, ayo luangkan waktu mwnghadirinya di PGB Tolitoli.

Apalagi, kamu yang belum menyaksikan prosesi Matanggauk itu. Di PGB kamu juga tidak hanya menyaksikan Festival budaya tertua di Tolitoli itu? Ada banyak.yang kamu bisa liat di sana.

Pemda tolitlli menghadirikan pameran pembangujan dari semua OPD. Festival ini digelar untuk menampilkan beragam budaya Tolitolo dalam sebuah parade seni budaya. Sesuai namanya themanya.

Sabtu siang hingga malam tak hanya tradisi khas Tolitoli saja yang hadir. Budaya kabupaten berbagai suku yang hidup harmonis di kabupaten ini pun di pentaskan, seperti budaya bugis, gorontalo, buol, mandar hingga Bali dan Jawa.

Sejumlah warga yang dimintai pendapatnya mengatakan, semestinya festifal PGB di patenkan seriap tahun agar bisa menjadi event pariwisata yang permanen setiap akhir tahun. Bila event ini permanen, niscaya akan memiliki nilai tambah baik aspek ekonomi maupun aspek promosi ke dunia luar akan keberagaman budaya yang hidup di tolitoli.

Karena berdasarkan catatan media ini, Tolitoli belum memiliki agenda wisata yang permanen yang terencana sistematik dengan baik.

Puan

Baca 88 kali Terakhir diubah pada Sabtu, 07 Desember 2019 00:28

Berikan komentar

TULIS PESAN

Artikel Terpopuler

Kontak Polisi