Kamis, Desember 12, 2019
hut daerah
Kapolres
Sulteng
Sabtu, 07 Desember 2019 19:25

Brigjen Pol Syafril Nursal Jabat Kapolda Sulteng

Ditulis oleh

Alasannews.com, PALU | Kapolda Sululawesi Tengah (Sulteng) Inspektur Jenderal Pol Drs Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si dimutasi ke Mabes Polri. Sebagai nahkoda baru di Polda Sulteng, Kapolri menugaskan Brigjen Pol Drs Syafeil Nursal SH MH yang sebelumnya menjabat Kasespimma Sespim Lemdiklat Polri. Sementara Irjen Pol Lukman akan menduduki jabatan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam di Mabes Polri. Penempatan Brigjen Pol. Drs. Syafril Nursal, SH, MM sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/3229/XII/KEP/2019 TGL 06 Desember 2019, yang ditanda tangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Drs. Eko Indra Heri, S.MM. Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto dalam keterangannya, Jumat (6/12/2019) membenarkan adanya mutasi tersebut. “Selain Kapolda, empat Pejabat Utama (PJU) dan dua Perwira Menengah (Pamen) Polda Sulteng juga dimutasi,” jelasnya. Keempat PJU Polda Sulteng tersebut yakni; Irwasda Kombes Pol Drs Aries Syarif Hidayat, MM bertukar posisi dengan Kombes Pol AL Afriandi, SH, S.IK, MM yang sebelumnya menjabat sebagai Irbidjemmenopsnal II Itwil III Itwasum Mabes Polri. Kapolda Bersama Empat PJU Polda Sulteng Bergeser Kedua; Dansat Brimobda Polda Sulteng Kombes Pol Susnandi dimutasi menjadi Dansat Brimobda Polda Bengkulu. Posisi Dansat Brimob yang ditinggalkan Kombes Susnandi akan digantikan oleh AKBP Sony Sanjaya, S.IK yang saat ini menjabat sebagai Wadansat Brimobda Polda Papua. Ketiga; Dirreskrimsus Polda Sulteng Kombes Pol Arief Agus Marwan, S.IK dimutasi menjadi Kasatresmob Bareskrim Polri dan digantikan AKBP Eko Sulistyo Basuki, S.IK, SH, MH yang saat ini menjabat sebagai Kanit II Satresmob Bareskrim Polri. Keempat; Dirbinmas Polda Sulteng Kombes Pol Mokhamad Ngajib, S.IK dimutasi menjadi Dirsamapta Polda Metro Jaya dan akan digantikan oleh AKBP Mahendi Surinda, SH, S.IK yang saat ini mnejabat sebagai Waka SPN Polda Jawa Tengah. Sementara dua Pamen yang dimutasi yakni Irbid Itwasda Polda Sulteng AKBP Dicky Aryanto medapat promosi jabatan baru sebagai Dirbinmas Polda Maluku Utara. Sedangkan PS. Kabag Binkar RO SDM Polda Sulteng, AKBP Bayu Indra Wiguno, SH, S.IK, M.IK diangkat sebagai Kapolres Morowali. Puan

Foto: Sekda Hidayat Berswafoto dengn warga

ANcom--PALU | Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si menjadi narasumber acara Libu Ntodea di Kecamatan Tawaeli, Kelurahan Panau, Kota Palu, Sabtu malam (19/10).

Libu Ntodea adalah sarana kearifan lokal menjaring aspirasi warga yang rutin digelar Pemerintah Kota Palu di tiap kelurahan.

Adapun tema yang diangkat adalah "Kepemimpinan Strategis, Peluang dan Tantangan".

Selain sekda, turut jadi narasumber walikota Drs. Hidayat, M.Si, akademisi Dr. Irwan Waris dan budayawan Hapri.

Kepemimpinan strategis dalam hemat sekda adalah bagaimana upaya pemimpin merubah pola-pola lama supaya kian optimal melayani warga.

Selain itu, pemimpin juga dituntut selalu hadir saat dibutuhkan, memahami apa yang diinginkan, memberikan sesuatu sebelum diminta dan membuka ruang-ruang untuk warga beraktivitas dengan lancar.

"Karena merasa dibutuhkan maka kita terdorong untuk berubah," jelasnya.

Tambahnya, kinerja aparatur dan perkembangan suatu wilayah sangat dipengaruhi pula oleh kualitas pemimpin ybs.

"Olehnya kami siap dimarah-marah dan dikritik karena inilah model kepemimpinan jaman baru untuk mendengar apa-apa yang dikeluhkan dan mewujudkannya," pungkas sekda bersemangat.

Meski acara berakhir sudah larut, sekda tetap sabar melayani swafoto dari warga sebelum pamit.bhst

Alasannews.com, Palu-Sulteng | Terkait hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah Provinsi di kabupaten sebanyak 111 (seratus sebelas) rekomendasi diharapkan dapat ditindaklanjuti secara tuntas.
 
Harapan itu disampaikan Wagub Sulteng, H. Rusli Dg. Palabbi saat acara "Rapat Pemutakhiran Data Hasil Pemeriksaan Inspektorat Sulawesi Tengah Di Kab/Kota Se-Sulawesi Tengah", yang bertempat di Aula Inspektorat Kantor Inpektorat Prov Sulteng Jl.Dewi Sartika, Palu, Senin, (14/10/19).
 
Seperti dirilis Biro Humas dan Protokol Pemprob Sulteng Senin sore (14/10)  nilai hasil pemeriksaan tersebut sebesar Rp. 321.296.769,00, (tiga ratus  dua  puluh  satu juta, dua ratus sembilan puluh enam ribu, tujuh ratus enam puluh sembilan) rupiah.
 
Adapun agenda rapat pemuktahiran data yang dibuka Wagub itu merupakan tindak lanjut pemeriksaan Inspektorat Se Sulawesi Tengah yang bertujuan antara lain intuk mengetahui secara konkrit sejauh mana tindak lanjut atau penyelesaian atas temuan-temuan hasil pemeriksaan APIP Obrik (objek pemeriksaan).
 
Obrik itu endiri meliputi baik yang bersifat administratif, prosedur maupun yang terindikasi kerugian Negara dan Daerah. 
 
"Salah satu misi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang telah menjadi komitmen bersama untuk kita laksanakan, ialah melanjutkan percepatan reformasi birokrasi dan penegakkan supremasi hukum, sejalan dengan itu, percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pengawasan intern pemerintah adalah merupakan wujud nyata dari kita semua untuk melaksanakan misi pemerintah daerah agar dapat mewujudkan Daerah Sulawesi Tengah yang maju, mandiri, dan berdaya saing," kata Wagub Sulteng
 
Wagub berharap agar inspektorat selaku aparat pengawasan internal pemerintah (APIP) di daerah mampu menjadi quality assurance atau penjamin mutu atas penyelenggaraan pemerintahan di daerah sebelum diaudit oleh aparat pengawasan eksternal. 
 
Selain itu aparat pengawasan internal harus mampu melakukan pembinaan sekaligus bertindak selaku konsultan terhadap seluruh OPD yang ada di daerah, serta selalu berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya menjadi aparatur pengawasan yang profesional dan berintegritas agar tugas pengawasan yang menjadi tanggung jawabnya dapat terlaksana sesuai yang diharapkan.
 
Lebih lanjut Wagub juga mengatakan, Peran apip sangat strategis dalam mendukung pencapaian tujuan organisasi, dan keberhasilan mewujudkan good governance, selain itu Apip juga diharap dapat memberikan peringatan dini, menawarkan solusi atas berbagai masalah, dan meningkatkan kapabilitas pengawasan intern pemerintah.
 
Rapat Pemuktakhiran data ini dihadiri  Para Inspektur Kab/Kota Se Sulawesi Tengah atau yang mewakili dan Para Pejabat Fungsional Auditor dan P2UPD......(RedAN).
Halaman 1 dari 165

Berita Terkini

Terkini Olah Raga

Ruslan S Untuh
Mapri
Alimran
Kadis Perkebunan
Ruslan Hadi
Minarni
abd rhman
Amrin Haling
Kadri
Jusman
rusdi
Irfan s
Naharudin
sumardin

Kontak Polisi

RESOR PALU