Minggu, Desember 15, 2019
hut daerah
Kapolres
Donggala
Donggala

Donggala (2)

Selasa, 09 Oktober 2018 12:26

PLN berhasil perbaiki 7 GI di Palu, Sigi dan Donggala

Ditulis oleh
 
 
Donggala-Sulteng, Alasannews.com | PLN berhasil perbaiki 7 Gardu Induk yang ada di Palu, Sigi dan Donggala. Ke 7 GI yakni GI Talise, GI Sidera GI Silae, GI Poso, GI Pamona, GI Pasangkayu, GI Parigi keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras dan efektif seluruh tim dilapangan.
 
"Alhamdulillah, hari ini (6/10) sebelum adzan subuh berkumandang tim gabungan PLN berhasil menyalakan sebagian listrik di Donggala", ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda.
 
Sebelumnya, pasca gempa yang menimpa Palu dan Donggala pada hari Jumat (28/9) lalu, PLN mengoperasikan 36 genset yang tersebar di beberapa titik di Donggala guna memulihkan sementara sistem kelistrikan disana.
 
"Tadi malam listrik di Donggala sudah berhasil disuplai dari Gardu Induk (GI) Pasangkayu, Hal ini menjadi titik terang untuk kembali menerangi Donggala. Saat ini kami juga berfokus untuk secara bertahap dapat memperbaiki seluruh infrastruktur kelistrikan di Donggala dikarenakan medan yang dilalui juga cukup berat", jelas Huda.
 
Masyarakat Donggala pun memberikan apresiasinya kepada PLN. Kepala Pengadilan Negeri Donggala Djainuddin Karanggusi mengatakan, Sejak semalam listrik di daerahnya (Donggala) sudah menyala. 
 
"Terimakasih PLN yang telah berjuang memulihkan listrik di Palu dan Donggala".ungkapnya.
 
Di samping itu, hingga saat ini tim gabungan PLN telah berhasil memulihkan
seluruh GI sehingga beroperasi 100%, di sisi lain 35 dari 45 penyulang di Palu juga telah beroperasi. Tentunya hal ini akan mendongkrak beban puncak pemakaian listrik di Kota Palu, sementara itu sebagian listrik di Sigi juga telah berhasil dinyalakan oleh tim gabungan PLN.
 
Demi percepatan perbaikan PLN juga menambahkan 150 personel yang di datangkan dari Jawa Timur.tim
Senin, 02 April 2018 18:38

Terkendala Jaringan,  UNBK di SMK Labuan Tertunda

Ditulis oleh
Sekretaris daerah provinsi Sulawesi Tengah Drs. H Mohamad Hidayat Lamakarate, M Si meninjau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Labuan
 
 
Donggala, alasannews.com -- Gara-gara server down atau jaringan jatuh, UNBK di SMK 1 Labuan, Donggala Sulawesi Tengah terpaksa tertunda.
 
Hal ini disaksikan langsung sekretaris daerah provinsi Sulawesi Tengah Drs. H Mohamad Hidayat Lamakarate, M Si meninjau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Labuan. Ia didampingi  staf ahli gubernur H Ardiansyah Lamasitudju, S Pd., M Si. 
 
Sekda menyatakan sengaja memantau langsung ke sekolah tempat dilaksanakan ujian. Pasalnya ia ingin secara pasti melihat proses tersebut berjalan dengan baik. 
 
Waktu menunjukkan pukul 09.00 WITA saat kami tiba, akan tetapi beberapa siswa terlihat belum mengerjakan ujian. Kepala sekolah SMK 1 Labuan Abdul Muluk, S Pd., M Pd mengakui bahwa pelaksanaan ujian terjadi kendala, sehingga pelaksanaan tertunda. “Sekolah kami belum terhubung, dikarenakan masalah jaringan, terjadi server down. Ini akan terlambat, ujian hari pertama 4 sesi, tapi sampai sekarang belum juga dimulai”, kata Abdul. 
 
Abdul memastikan akan terjadi penundaan waktu UNBK. Dikarenakan kendala jaringan dan  keterbatasan komputer yang dimiliki oleh sekolah.
 
Hidayat dalam peninjauan tersebut menyayangkan akan hal ini, pasalnya kejadian tersebut pernah dialami seperti tahun lalu. Kemudian sekarang terjadi kembali kendala serupa. Ia akan menggelar koordinasi agar pelaksanaan UNBK secepatnya dapat diantisipasi. 
 
“Tahun lalu ini juga kan masalahnya, sekarang kita bicara dengan penyedianya (provider). Bagaimana ini ketika simulasi bagus. Tapi sekarang seperti ini. Karena solusi listrik ada genset, tidak ada masalah. Dan server seharusnya juga wajib ada UPS, agar ketika listrik padam tidak langsung mati”, katanya. 
 
Pemerintah provinsi akan terus memantau pelaksanaan UNBK kedepan. Dan akan mengevaluasi setiap kendala yang terjadi di lapangan. 
 
Setelahnya Sekda dan rombongan menuju SMK Al Amiin Wani. Ujian di sekolah tersebut berjalan lancar meski sempat terjadi padam listrik, tetapi dapat diantisipasi dengan segera. Karena pihak sekolah telah menyediakan generator cadangan. 
 
Hal ini diamini oleh kepala sekolah Tazkir Suleman, SH. “Secara keseluruhan disini lancar, jaringan bagus. Meski sempat terjadi mati listrik”, jelas Tazkir. (HSN/HUMAS PROVINSI)
 
Editor:suardiyadjib
 
 

Berita Terkini

Terkini Olah Raga

Ruslan S Untuh
Mapri
Alimran
Kadis Perkebunan
Ruslan Hadi
Minarni
abd rhman
Amrin Haling
Kadri
Jusman
rusdi
Irfan s
Naharudin
sumardin

Kontak Polisi

RESOR PALU