Rabu, November 13, 2019
sulteng welcome
Iklan Haji
Senin, 22 Januari 2018 21:07

Usaha Lalampa, Gerakkan Ekonomi Toboli

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Parimo,@lasannews |--Senja di Toboli, Kabupaten Parigi, Sulawesi Tengah ternyata tak lengkap bila kita melewatkan kopi atau teh manis dan Lalampa.

Deretan kedai Lalampa di atas trotoar, Desa Toboli Parigi Moutong sepintas tampil apa adanya. Hidang melulu dari panganan yang terbuat dari berasnketan dan sedikit diisikan ikan bercampur laksa, ternyata memiliki daya tarik tersendiri bukan sekadar dicicipi.
Wartawan @lasannews.com sore itu dalam perjalanan Tolitoli-Palu. Kata orang, bila melewati Toboli, tak lengkap kalau tak singgah mencicipi Lalampa Toboli. Padahal, sebenarnya bagi saya Toboli bukanlah tempat baru. Tahun 90-an daerah persinggahan syanketika masih menjadi anggota redaksi Skh.Mercusuar.
Sehingga, ajak teman seperjalanan untuk singgah di Toboli tidak mengagetkan saya. Ternyata Toboli, dulu dan sekarang jauh berbeda. Kalau dulu sekitar trotoarnya banyak ditempeli hewan trutama kotoran sapi.
Kini, image itu tidak ada lagi. Deretan warung-warung kecil yang menjajakan Lalampa, menjadi brand Toboli yang sudah menasional bahkan mendunia.
Ketika berbincang dengan seorang gadis yang tengah menyuguhkan pesanan kami, gadis itu mengaku kalau produksi Lalampa sebagian titipan warga sekitar kampung tersebut yang mereka jajahkan.
Menarik kesimpulan, Lalampa Toboli telah mampu menggerakkan ekonomi kampung itu yang boleh dibilang tidur tidur satu x 24 jam. Sebagai kawasan persimpangan arah Poso, Manado dan Tolitoli-Buol, Toboli menjadi tempat wajib singgah baik kendaraan pribadi maupun kendaraan penumpang umum.
Dengan bisa menghabiskan 100 sampai 200-an Lalampa seorang pemilik warung/kedai di sana, usaha Lalampa mampu menjadi penggerak ekonomi warga. 
Hasil catatan saya, deretan warung yang jumlahnya 50-an itu, rata-rata mempekerjakan dua orang orang tenaga lepas yang dihonor antar Rp 250 sampai Rp 400 ribu sebulan, Aktivitas ekonomi rumah tangga ini bisa menjadi pelajaran bagi tempat-tempat persinggahan lainnya di Sulawesi Tengah ini.
Faktanya, sebagian pengunjung Toboli, menjadikan Lalampa sebagai ole-ole buat keluarga atau sahabat di rumah.
 
Editor:si
Baca 1421 kali Terakhir diubah pada Senin, 22 Januari 2018 22:14

Berikan komentar

TULIS PESAN

Berita Terkini

Empek Empek
Valentio112

Terkini Olah Raga

Sekprov
MOH SALEH
Bupati dan Wakil Ramdhan
Rustam Rewa1
dr adjimain
Fadjar S

Kontak Polisi

RESOR PALU