Kamis, Desember 12, 2019
hut daerah
Kapolres
Kamis, 26 September 2019 08:18

Tim Pariwisata Tolitoli, Study Banding ke Gunung Kidul

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Alasannews.com, Gunung Kidul-Jogyakarta | Tim Dinas Pariwisata Tolitoli, mendapat banyak pelajaran berharga dari Desa Ngelanggerang, kecamatan Patuk, Kabupaten Kidul Jogyakarta. Desa ini, mampu meraup dana miliaran rupiah pertahunnya dari sektor pariwisata yang didukung usaha  mikro melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)

Kepal Dinas pariwisata Tolitoli, Urip Halim diampingi sejumlah staf, Masnawir, Naslim dan Ahyar Tauhid merasa tercengang atas prestasi desa tersebut dalam memanfaatkan sumber daya mereka bagi perekonomian masyarakatnya.

Dapat disimpulkan, pariwisata tidak dapat dilepaskan dari pengembangan sumber daya masyarakat melalui beberapa usaha seperti usaha mikro dengan dukungan Bumdes setempat.

"Mereka, sudah sangat maju usaha mikronya yang dikelolah Bumdes," ujar Masnawir.

Dalam diskusi panjang tim kami kata Masnawir, desa itu bisa menghasilkan dana miliaran rupiah dengan menggerakkannkelompok sadar wisatanya. Sejalan dengan itu, semua stakeholder juga harus  satu visa dalam membangun pariwisata, imbuhnya.

Bagaimana dengan Tolitoli?

Menurut Kadis pariwisata Tolitoli, dengan sudah dicanangkannya Tolitoli sebagai destynasi Dunia, oleh bupati Moh Saleh Bantilan, maka mau tak mau kita meramunya dengan hasil study di Jogyakarta ini untuk bagaimana bisa dikembangkan di kabupaten kita--Tolitoli.

Memang, pengembangan pariwisata sangat identik dengan gerakan ekonomi rakyat. Artinya, rakyat harus diberdayakan dalam menyambut kunjungan wisatawan itu. Apakah itu wisatawan lokal atau manca negara, masyarakat hatus ada keterikutannya.

Ketrikutan dimaksud, apakah dalam bentuk penyediaan jasa tempat, kuliner, souvenir atau lainnya. Sehingga , dalam pengembangan pariwisata, pembentukan kelompok masyarakat sadar wisata menjadi kunci dan dibeberapa daerah menjadu ujung tombak, seperti di Desa Ngalenggareng itu.puan

Baca 92 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Berita Terkini

Terkini Olah Raga

Ruslan S Untuh
Mapri
Alimran
Kadis Perkebunan
Ruslan Hadi
Minarni
abd rhman
Amrin Haling
Kadri
Jusman
rusdi
Irfan s
Naharudin
sumardin

Kontak Polisi

RESOR PALU