Kamis, Desember 12, 2019
hut daerah
Kapolres
Rabu, 25 September 2019 19:44

Demo Ribuan Mahasiswa Palu, Tolak Pengesahan UU KPK, RKUHP dan RUU Kontroversi Lainnya

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
 
Alasannews.com, Palu-Sulteng | Ribuan mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi di Kota Palu melakukan aksi unjuk rasa menolak pengesahan UU KPK di depan kantor DPRD Sulteng hari ini, Rabu (25/9/2019).

Aksi ini merupakan sikap penolakan atas pengesahan Undang - undang KPK dan penolakan terhadap paya pengesahan RKUHP serta beberapa rancangan Undang-undang lainnya.
Menurut para pengunjuk rasa, UU KPK yang baru saja disahkan oleh DPR RI, sangat kontroversial dan tidak sejalan dengan kehendak pemberantasan korupsi di Indonesia.
 
Demikian pula RUU lainnya yang sempat dikebut di penghujung masa jabatan DPR RI periode 2014-2019.

"Kami semua turun aksi ini karena alasan utama menolak UU KPK baru yang tidak pro pemberantasan korupsi," tandas Ansar, salah seorang mahasiswa Fakultas Hukum Untad kepada alasannews.com saat aksi Jedah usai ricuh.

Aksi penolakan mahasiswa Palu atas UU KPK dan RUU lainnya merupakan rangkaian aksi mahasiswa secara nasional. Penolakan itu menggema di seluruh pelosok negeri.

Sehari sebelumnya, di DPR RI Senayan, mahasiswa melakukan aksi serupa. Sama dengan di Jakarta, aksi massa di Palu pun sempat bentrok dan ricuh saat hendak dibubarkan oleh aparat keamanan.

Kericuhan aksi di Palu terjadi sekitar pukul 13.15 WITA. Saat itu, ribuan mahasiswa mencoba menerobos blokade aparat kepolisian untuk masuk ke dalam kantor DPRD Provinsi Sulteng yang mana sedang berlangsung pelantikan Anggota DPRD yang baru.
 
 
Blokade polisi sempat jebol oleh Ribuan massa aksi. Menghindari hal yang tak terkendali, petugas berusaha membendungnya, hingga akhirnya terjadi ricuh.
 
Petugas berhasil mengendalikan situasi dan mendorong mahasiswa hingga perempatan lampu merah Samratulangi-S Parman. Mahasiswa pun berhamburan dan terbagi ke tiga arah, Jalan S. Parman, arah Karampe dan arah Tugu Kuda.

Ditempat itu, mahasiswa berusaha mengkonsolidasikan diri. Upaya mahasiswa itu sempat stagnan dan kocar kacir karena kehilangan komando.

Pasalnya sejumlah koordinator Lapangan (korlap) dari setiap perguruan tinggi dan kendaraan komando mereka diamankan pihak keamanan.......(Ma'ruf Asli).
Baca 58 kali Terakhir diubah pada Rabu, 25 September 2019 20:02

Berikan komentar

TULIS PESAN

Berita Terkini

Terkini Olah Raga

Ruslan S Untuh
Mapri
Alimran
Kadis Perkebunan
Ruslan Hadi
Minarni
abd rhman
Amrin Haling
Kadri
Jusman
rusdi
Irfan s
Naharudin
sumardin

Kontak Polisi

RESOR PALU