Rabu, Desember 11, 2019
hut daerah
Kapolres
Jumat, 30 Agustus 2019 15:18

Pemindahan Ibu Kota Negara, jadi Isu Strategis di P-RPJMD Sulteng

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Alasan, Palu-Sulteng | Bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang melanda 4 kabupaten dan kota tahun 2018 menjadi di antara faktor-faktor untuk merubah RPJMD Provinsi Sulteng Tahun 2016-2021.

Gayung pun bersambut, keinginan tsb diamini Mendagri lewat persetujuan Dirjen Bina Pembangunan Daerah sebagai legalitas merombak RPJMD.

Pada rancangan Perubahan RPJMD (P-RPJMD) memuat penyempurnaan program, perubahan target, kinerja daerah dan penambahan sejumlah indikator sebagai dampak dari bencana.

Perubahan struktur perangkat kerja daerah dan regulasi sistematika penyajian dokumen RPJMD dari kemendagri juga turut andil mendorong perubahan.

"Rancangan (P-RJPMD) sekaligus menjawab permasalahan dan isu strategis dalam rancangan teknokratik RPJMN 2020-2024," tutur Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si saat membuka Musrenbang P-RPJMD Provinsi Sulteng 2016-2021, Jum'at (30/8), di gedung pogombo.

Keputusan memindahkan ibukota negara ke Kalimantan Timur jelas gubernur adalah salah satu isu strategis yang masuk dalam pembahasan perubahan karena dampaknya diyakini menguntungkan bagi Sulteng yang bertetangga dengan Kaltim.

Ditambah lagi posisi Sulteng yang diapit antara ALKI II di Selat Makasar dan ALKI III di perairan Maluku sangat strategis dalam mendukung konektivitas tol laut.

"Ini bisa menjadikan Sulawesi Tengah jembatan penghubung ke kawasan timur seperti Maluku Utara, Maluku dan Papua dengan mengembangkan jalan tol Tambu Kasimbar," urai gubernur yang yakin Sulteng bisa berperan memperkecil disparitas kawasan barat dan timur seiring penetapan ibukota baru di Kaltim.

Tidak hanya itu, gubernur pun berharap Sulteng dapat memasok kebutuhan ibukota baru yang sedang mempersiapkan infrastruktur termasuk pangan, tenaga kerja, energi dan ssbagai.bhst/puan

 

Baca 105 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Terkini Olah Raga

Ruslan S Untuh
Mapri
Alimran
Kadis Perkebunan
Ruslan Hadi
Minarni
abd rhman
Amrin Haling
Kadri
Jusman
rusdi
Irfan s
Naharudin
sumardin

Kontak Polisi

RESOR PALU