Rabu, November 13, 2019
sulteng welcome
Iklan Haji
Sabtu, 22 Jun 2019 12:32

Buol Optimis Menjadi Pemasok Daging Nasional

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Alasannews.com, Buol--Sulteng | Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah optimis bisa menjadi daerah pemasok daging nasional sebagaimana misi dari Badan Kerja Sama Utara Utara (BKSU).

Bupati Buol, Amirudin Rauf, dalam konferensi pers di ruang kerja kantor Bupati Buol, Jum’at (21/6). Wartawan alasannews.com, Ramly Bantilan, melaporkan untuk anda.

Amirudin mengatakan optimisme tersebut menyusul kesiapan Pemkab Buol dalam mengakselerasikan upaya mempercepat populasi sapi di daerah itu dengan telah dilaksanakan berbagai kegiatan pembanguna fasilitas penunjang. Seperti, minirens beserta sarana dan prasarana penunjang.

“Anggaran yang sudah kita habiskan dalam dua tahun terakhir (2018-2019) untuk pembangunan minirens dengan sarana sarana penunjangnya kita telah menghabiskan dana di kisaran Rp 50 miliar,” papar Amirudin.

Amirudin, mengatakan upaya Pemkab Buol menjadi salah satu kabupaten pemasok penopang daging nasional adalah hasil deklarasi lima kabupaten di Utara Sulawesi yang tergabung dalam BKSU (inisiasi UNG bersama Pemerintah Belanda) melalui program Uitzending Managers (PUM) dan telah berjalan lima tahun.

Ia menjelaskan ada beberapa poin penting dalam kegiatan BKSU, diantaranya berfokus pada peternakan sapi, dan budidaya perikanan. Tujuannya peningkatan ekonomi masyarakat.

Daerah tersebut adalah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, kemudian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara, adapun Kabupaten Gorontalo Utara, termasuk juga Kabupaten Boalemo, Gorontalo yang baru dikukuhkan sebagai anggota baru dari BKSU.

Dalam program dari lima kabupaten tersebut, kata Amirudin, untuk bidang peternakan BKSU memformulasikan dalam bentuk program kegiatan guna mencapai target satu juta sapi dalam waktu lima tahun.

“Kita Kabupaten Buol sendiri sebetulnya populasi sapi baru di angkah 20 ribu ekor. Dalam lima tahun kalau melihat target maka Buol setidaknya harus populasi sapinya  250 ekor sapi,” ujar Amirudin.

Pertemuan BKSU di Kabupaten Buol, merupakan tindak lanjut deklarasi kerjasama utara-utara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di lima daerah ini.***

Baca 118 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Terkini Olah Raga

Sekprov
MOH SALEH
Bupati dan Wakil Ramdhan
Rustam Rewa1
dr adjimain
Fadjar S

Kontak Polisi

RESOR PALU