Kamis, November 21, 2019
Iklan Haji
Sabtu, 04 Mei 2019 17:05

Putra Mahkota Arab Saudi Tawari Presiden Otoritas Palestina Rp 142,5 T

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

BEIRUT - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) menawarkan uang USD10 miliar atau lebih dari Rp142,5 triliun kepada Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas agar menerima rencana perdamaian rancangan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Rencana perdamaian Trump yang kontroversial itu dikenal dengan sebutan "kesepakatan abad ini".

Tawaran dari calon raja Saudi itu diungkap surat kabar Lebanon, Al-Akhbar, hari Selasa. Laporan itu mengutip dokumen diplomatik tentang percakapan antara kedua pemimpin yang bocor.

Abbas menolak tawaran MBS. "Dengan mendukung 'kesepakatan abad ini' dari Trump akan menjadi akhir dari kehidupan saya," kata Abbas kepada putra Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud tersebut.

Laporan surat kabar Al-Akhbar didasarkan dari keterangan utusan Yordania untuk Ramallah, Khaled al-Shawabkeh, yang mendapat informasi dari sejumlah pejabat Palestina di Ramallah.

Al-Shawabkeh memperoleh informasi itu dari Desember 2017 hingga Januari 2018 setelah pengakuan sepihak Trump yang menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memerintahkan relokasi kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke kota suci tersebut. Al-Shawabkeh menulis informasi itu setelah berdiskusi dengan para pejabat Palestina.

Dalam dokumen 4 Januari 2018 yang dikutip Al-Akhbar, Shawabkeh menulis surat kepada Kementerian Luar Negeri Yordania dan mengatakan bahwa Abbas kesal atas beberapa tawaran yang dia terima selama kunjungan ke Arab Saudi bulan sebelumnya, tetapi menolak membahasnya dengan Pejabat Palestina.

Salah satu tawaran Saudi itu adalah uang USD10 miliar untuk membantu otoritas Palestina di Tepi Barat dan menempatkan kembali pengungsi. Uang yang ditawarkan itu sebagai imbalan jika Abbas bersedia mengakui "kesepakatan abad ini" rancangan Trump.

Masih menurut surat kabar Al-Akhbar, MBS bertanya kepada Abbas berapa anggaran tahunan rombongannya. "Saya bukan seorang pangeran yang memiliki rombongan," jawab Abbas.

"Berapa yang dibutuhkan PA (Otoritas Palestina) dan para menterinya?," tanya lagi MBS.

"Satu miliar dolar AS," jawab Abbas, yang oleh MBS kemudian disambut dengan mengatakan; "Saya akan memberi Anda USD10 miliar selama sepuluh tahun jika Anda menerima kesepakatan."

Pemerintah Saudi belum berkomentar atas laporan tersebut. Otoritas Palestina juga belum berkomentar.dari berbagai sumber

Baca 169 kali
Valentio112
Rustam Rewa1
dr adjimain
Fadjar S

Kontak Polisi

RESOR PALU