Minggu, November 17, 2019
Iklan Haji
Senin, 18 Desember 2017 16:28

Pyongyang Ejek Upaya 'Pendekatan Serius' Trump

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

PYONGYANG - Korea Utara (Korut) menyebut Presiden Amerika Serikat (AS) orang tua gila pasca Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan terkait program rudal dan nuklir negara itu. Pernyataan ini muncul di tengah kekhawatiran bahwa Pyongyang akan melakukan uji coba rudal baru pada hari ini.

"Takut dengan uji coba ICBM Hwasong-15 yang berhasil dilakukan oleh DPRK, Trump orang tua gila berbicara tentang jalan pendekatan yang serius," tulis kantor berita Korut, KCNA, menggunakan akronim nama resmi negara itu Republik Demokratik Rakyat Korea.

Pada tanggal 28 November, Korut menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-15. Tes tersebut dilaporkan gagal namun Hwasong-15 diyakini memiliki jangkauan lebih dari 13.000 kilometer dan bisa mencapai daratan AS. Pyongyang mengomentari peluncuran tersebut dengan menyatakan telah menyelesaikan "kekuatan nuklirnya" dengan pengembangan ICBM Hwasong-15.

"Kelompok garis keras anti-DPRK termasuk duta besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan omong kosong seperti keadaan berbahaya, dengan sangat enggan mendorong DPRK untuk tidak membuat kesalahan," kata pernyataan tersebut.

"Maniak perang dari AS mendesak Kongres untuk membahas masalah serangan preemptive di DPRK, mengacu pada kebutuhan untuk menarik warga Amerika dari Korea Selatan, hanya untuk membuat perang melawan DPRK sebuah fakta yang mapan," KCNA menyimpulkan seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (17/12/2017).

Sebelumnya, surat kabar Korut Minju Joson juga mengeluarkan sebuah peringatan kepada Washington, dengan mengatakan bahwa mereka perlu mendinginkan kepala untuk menghindari aib dan kehancuran jika terjadi tindakan militer terhadap Pyongyang.

Pernyataan ini berawal dari pernyataan ahli bahwa Korut dapat melakukan uji coba rudal lainnya pada 17 Desember, untuk menandai ulang tahun kematian mantan pemimpin Kim Jong-il.

Baca juga:
Kenang Kematian Ayah, Kim Jong-un Ditakutkan Ledakkan Nuklir


Ketegangan di Semenanjung Korea telah mencapai eskalasi yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini, dengan meningkatnya jumlah uji coba rudal dan nuklir Korut. AS membalasnya dengan ancaman militer.

(ian)
Baca 252 kali
Valentio112
Rustam Rewa1
dr adjimain
Fadjar S

Kontak Polisi

RESOR PALU