Kamis, Desember 12, 2019
hut daerah
Rabu, 13 November 2019 08:02

Petani Bawang Merah Tolitoli Siap Panen

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

ANcom --TOLITOLI | Kebutuhan bawang merah di Tolitoli, Sulawesi Tengah khusus jelang Natal dan Tahun baru 2020 diupayakan dari produksi lokal. 

Untuk mengetahui produksi petani lokal, Kadis TPH Tolitoli H Rustan Rewa, dua hari terakhir turun ke kebun petani  awang yang siap siap pane. "Saya sudah cek beberapa kebun  bawang yang siap panen untuk ke utuhan lokal itu," ujar Rustan saat dikonfirmasi media ini, Kamis (13/11).

Disebut, ada beberapa sentra bawang merah yang siap panen seperti di Kecamatan, Galang, Basidondo, Dondo dn Damoal Selatan.

"Insah allah, bisa memenuhi pasar atau kebutuhan lokal. Khususnya, pada saat natal dan tahun  batu," ujar Rustan.

Tanpa menyebut luasan lahan dan prediski kebutuhan akan bawang merah jelang natal dan tahun baru nanti, Rustan mengaku kalau produksi petani dilihat dari yang ada bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Dikatakan, kalau oper produksi tidak. Tapi kalau kurang mungkin hanya sedikit. Beberapa kebun bawang yang saya tinjau, petaninya bila g sudah siap siap panen, jelas Rustan lagi.

Menurut data, kebutuhan  awang merah di Tolitoli selama ini di pasok dari Parimo dan Palu namun belakangan, kebutuhan lokal sudah mulai dipenuhi petani lokal setelah Deptan secara intensif mendorong petani di Tolitoli untuk menanam bawang merah.

"Setiap tahun, kementan memberikan ba tuan berupa bibit bawang ke petani petani kita," ungkap Rustan.

Baca 102 kali
Ruslan S Untuh
Mapri
Alimran
Kadis Perkebunan
Ruslan Hadi
Minarni
abd rhman
Amrin Haling
Kadri
Jusman
rusdi
Irfan s
Naharudin
sumardin

Kontak Polisi

RESOR PALU