Rabu, Desember 11, 2019
hut daerah
Senin, 01 Januari 2018 21:22

Pertamina Harus Transparan soal LPG

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
Komisi Informasih Sulteng Angkat Bicara
Palu, Alasannews--Langka dan melambungnya harga LPG di Sulawesi Tengah, ditengarai karena ketidaktransparanan pihak pertamina.
Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tengah, Irfan Deny Pontoh S Sos, menyebut kalau soal LPG ini harus publik tahu secara detail agar tidak dimanfaatkan spekulan atau pengecer untuk menaikkan harganya.
Menurut Irfan, Pertamina Persero wilayah Sulawesi Tengah wajib memberi tahu masyarakat mengenai alokasi pasokan serta harganya untuk tahun 2018 ini. Ini erat kaitannya dengan kewajiban pemerintah terhadap informasi ke publik tak terkecuali pertamina, tandas orang nomor satu di KI Sulteng itu.
Dua kota yang menjadi sampel naik dan langkanya LPG alau elpiji 3 KG yaitu Palu dan Tolitoli. Kalau di Palu harganyang sebenarnya Rp 16.000 per tabung 3 Kg maka kini mencapai Rp 25.000. Sedangkan di Tolitoli terpantau mencapai Rp 30.000 per tabung 3 Kg.
Untuk kondisi ini, sebaiknya pertamina jangan menutup diri. Sesegera mungkin memberi penjelasan agar publik tidak gelisah apalagi barang ini masuk dalam daftar subsidi pemerintah.
Informasi LPG sebagai bahan kebutuhan primer kata Irfan, ssebagaimana amanat UU wajib diketahui publik dan KI Sulteng siap mengawal akan keterbukaan informasi tersebut. Kalau perlu, pertamina membuat pemberitahuan sampai ke kelurahan agar bisa diterangkan lebih lanjut kemasarakatnya, tandasnya. 
 
Rep: suardi
 
Baca 305 kali
Ruslan S Untuh
Mapri
Alimran
Kadis Perkebunan
Ruslan Hadi
Minarni
abd rhman
Amrin Haling
Kadri
Jusman
rusdi
Irfan s
Naharudin
sumardin

Kontak Polisi

RESOR PALU