Rabu, November 13, 2019
Iklan Haji
Minggu, 31 Desember 2017 17:52

Luar Biasa, Modal Rp 20.000 Bisa jadi Kades

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
Tolitoli, Alasannews--Sarkodes begitu panggilan populernya Kepala Desa Sandana, Kecamatan Galang Tolitoli itu. Mengaku hanya terdampar karena ingin mencari ilmu sekitar tahun 1981, kini menjadi orang nomor satu di desanya.
Pemiliki nama asli Zainuddin ini blak-blakan bicara soal dirinya ketika di temui alasannews suatu sore di kediamannya di kampung subur, Sandana. Pria kelahiran Soppeng 50 tahun silam ini, tidak berpikir kalau suatu saat dia bisa menjadi orang terhormat di desanya apalagi di desa orang.
Tapi itu.namanya nasib danngaris tangan yang memang Allah SWT telah rahasiakan kepada ummatnya. Saya ketika diberitahu akan ada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), tidak membayangkan bisa karena uang dikantong saya hanya Rp 20.000.
Siapa yang memberi tahun dan kenapa harus memberitahu anda akan ada Pilkades, Zainuddin yang saat ditanya didampingi isteri tercinta mengaku, juga tidak tahu kenapa teman-temannya memberitahunya. Ketika itu, memang ada pengumuman di masjid akan ada Pilkades, kenangnya kejadian tiga tahun silam itu.
Singkat cerita katanya yang diamini sang isteri, teman-temannya mendorong untuk mendaftar ke panitia Pilkades Sandana. Dorongan inipun Sarkodes tidak sia-siakan, diapun mendaftar dan ternyata lolos dalam seleksi administrasi Pilkades.
Hari berlalu, dorongan teman dan sahabat untuk mendudukkannya sebagai Kades semakin terasa karena harus melakukan penggalangan dukungan. Sarkodes yang tahu persis posisinya sebagai anak yang malang melintang dalam berbagai kenalan pada waktu itu, tetap tidak merasa minder atau rendah diri.
Dengan tiga pesaing pada Pilkades ketika itu, Sarkodes memang mendapat dukungan penuh orang-orangnya. Di kubu saya memang benar-benar mereka berjuang ikhlas untuk bisa merebut simpati hati masyarakat pemilih. Berkat doa dan dukungan yang ikhlas tadi, sayapun bisa menyisihkan tiga rival saya ketika itu, katanya.
Kini, Sandana ditangan Sarkodes terus berbenah diri dengan dukungan dana desa,(dd) dan alokasi dana desa (add), beberapa fasilitas umum sudah diperbaiki termasuk menata lahan rawa menjadi pemukiman yang nyaman dan sehat bagi warganya.selamat bekerja pa Sarkodes, bravo pa Zainuddin.
 
Rep: suardi
Baca 1751 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Empek Empek
Valentio112
Sekprov
MOH SALEH

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU