Minggu, Desember 15, 2019
hut daerah
Minggu, 13 Oktober 2019 12:53

Naik Kereta LRT, Berekreasi Nikmati Pemandangan Kota Palembang Sepanjang Lintasan

Nilai butir ini
(1 Pilih)
Alasannews.com, Palembang-Sumsel | Menggunakan Kereta Api LRT (Lintasan Rute Terpadu) Sumatera Selatan bukan hanya sekedar untuk kegiatan rutin sehari-hari. LRT juga menjadi sarana rekreasi bagi warga Kota Palembang untuk melepas kejenuhan dan kepenatan.
 
Cukup merogoh kantong paling tinggi Rp. 10.000, kita dapat menikmati perjalanan dengan santai dan sejuk karena gerbongnya difasilitasi AC.
 
 
Sepanjang lintasan dari OPI Mall dan berakhir di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin ll Palembang. Jaraknya sekitar 24 Km. dengan 13 Stasiun persinggahan dan ditempuh dalam durasi waktu 47 menit.
 
Berada di Palembang setelah terakhir berada di Kota ini Lima tahun lalu. Saat itu LRT belum ada. Namun kini banyak perubahan atas kemajuan pembangunan. 
 
Salah satu yang monumental adalah fasilitas transportasi LRT yang mulai beroperasi sejak digelarnya even Asean Games 2018 silam. Proyek ambisius yang disiapkan untuk agenda olah raga Bangsa - bangsa Asia Tenggara di Ibu Kota Sumatera Selatan itu menelan dana APBN lebih dari 9 Triliun Rupiah.
 
Rasa penasaran mengantarkan langkah menjajal moda transportasi umum bergengsi pertama di Bumi Sriwijaya itu. Benar saja. Dari awal naik di Depot Kompleks Pusat Olahraga Jakabaring hingga turun di Stasiun Bandara, kita menikmati perjalanan yang menyenangkan.
 
Suguhan suasana santai, tertib, sejuk, bersih dan rapi serta pelayanannya yang ramah, menjadi daya pemikat dan rasa tak bosan berada dalam ruang gerbong yang berkapasitas 150 penumpang.
 
Tak heran banyak memanfaatkan fasilitas transportasi umum dengan 3 Rangkaian Gerbong itu. Mereka sampai menghabiskan waktu seharian bolak balik hanya untuk menikmatinya. 
 
Suasana agak ramai hari itu karena bertepatan dengan libur akhir pekan. Sejumlah rombongan ibu-ibu dan anak muda terlihat asik mengabadikan momen kebersamaan dengan swa foto.
 
"Sekedar bersantai dengan teman-teman kantor pak," tutur Winda, salah seorang dari rombongan di dalam gerbong LRT, pegawai Puskesmas Talang Ratu. Sabtu (12/9/2019).
 
Winda mengaku sangat senang dan sudah beberapa kali memanfaatkan  moda angkutan massal itu untuk berwisata akhir pekan. 
 
 
Saat berbincang dengan alasannews.com, waktu telah menunjukkan jam 11 Siang. Ia pun mengaku sudah sejak pagi dan saat itu dalam perjalanan pulang bersama rombongannya dari Galang Ratu.
 
Selain Winda dan rombongan, tampak anak-anak muda dengan rombongan belasan orang. Tampak juga rombongan keluarga yang membawa serta orang tua dan sanak saudaranya. Begitu pula pasangan muda yang membawa anak balitanya.
 
Nah bagi anda yang baru mencoba, apa lagi yang baru berkunjung di Kota Empek-empek ini, menaiki kereta LRT akan memberi gambaran sangat memadai bentuk kota dari salah satu Kota bersejarah di Indonesia ini.
 
Kereta LRT yang berada di ketinggian sekitar 8 meter melintas membelah kota. Mengikuti jalur utama jalan protokol, menjadikan penumpangnya menyaksikan secara luas dan menyeluruh bentuk kota dan kemajuan Palembang.
 
Tamu baru akan mudah mengetahui secara dekat kondisi kota. Setiap stasiun persinggahan di desain berada di lokasi strategis pusat - pusat pemerintahan dan fasilitas publik serta sentra bisnis dan perekonomian di Kota yang terkenal dengan Sungai Musi dan Jembatan Amperanya.
 
Sementara itu, sejumlah petugas yang berada di stasiun maupun petugas di atas kereta, menyempatkan waktu disela kesibukannya melayani penumpang, menyambut ramah dan memberi jawaban atas beberapa pertanyaan yang diajukan awak media ini.
 
Dari petugas security, M Imam Maulana dan Andra Wijaya diperoleh berbagai informasi terkait aktifitas pelayanan LRT setiap harinya. Dari mereka berdua juga diperoleh banyak informasi menyangkut suasana di kereta dan perilaku penumpangnya.
 
"Beginilah pak. Mereka lagi ramai seperti ini. Kalau lagi weekend seperti ini banyak yang naik kereta, sekalian rekreasi mungkin pak," ujar Andra yang mengaku telah bekerja sekitar 8 Bulan di tempat itu.
 
 
Setelah sampai di Stasiun Bandar, sambutan dari Kepala Stasiun Bandara, Anom, tak beda keramahannya menerima dan berbincang dengan Alasan news.com.
 
Anom yang saat itu sedang berada di ruang medis stasiun menjelaskan berbagai hal terkait perjalanan dengan LRT di Kota Palembang.
 
Ia pun mempersilahkan untuk menemui Humas dan Kepala Divisi Regional III KAI Sumsel untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.......(Ma'ruf Asli).
Baca 64 kali

Kontak Polisi

RESOR PALU