Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tolitoli Gelar Ekrafest untuk Dorong Ekonomi Kreatif

10/20/2024 | 12:17 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-20T05:17:33Z


TOLITOLI - Pjs. Bupati Tolitoli, Bahran, SE., MM, secara resmi membuka kegiatan Ekrafest Gerakan Ekonomi Kreatif yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli. Acara ini diselenggarakan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Ekonomi Nasional pada 24 Oktober 2024 dengan tema Nusantara, berlangsung di Taman Kota Gaukan Mohammad Bantilan (GMB) pada Sabtu malam, 19 Oktober 2024.


Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif Kabupaten Tolitoli, Ardian Alam Syukri, SE, menyatakan bahwa Ekrafest diikuti oleh 59 tenan yang berjualan. Ini merupakan tahun keenam pelaksanaan acara tersebut. Ardian menegaskan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah merangsang perputaran ekonomi di Tolitoli serta mendukung visi misi daerah, khususnya dalam pengembangan sektor UMKM. Ia menargetkan perputaran ekonomi di sektor kuliner dapat mencapai dua hingga tiga miliar selama sembilan hari pelaksanaan.


Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Bahran mengapresiasi panitia pelaksana, menekankan bahwa acara ini merupakan peluang besar untuk pasar lokal. Ia menjelaskan bahwa kontribusi ekonomi dari UMKM sangat signifikan, mencakup sekitar 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB) daerah dan menyerap sekitar 90% tenaga kerja di sektor ini. “Kami berharap melalui kegiatan ini, kita dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat basis ekonomi daerah,” ujar Bahran.


Acara ini juga dihadiri oleh Ny. Mariani Bahran, Danlanal Tolitoli, Dandim 1305 BT, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perhubungan, serta perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Perizinan, serta organisasi wanita dan pelaku usaha lainnya. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh terhadap pengembangan ekonomi kreatif di Tolitoli.


Dengan tema yang diusung, Ekrafest diharapkan dapat menjadi ajang promosi dan peningkatan kualitas produk lokal, sekaligus memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk berinovasi dan berkolaborasi. Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan ekonomi lokal, tetapi juga membangun komunitas yang lebih kuat dan berdaya saing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update