Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Praktisi & Pemerhati Hukum UPB, Herman H.Munawar Meminta Presiden Prabowo Terpilih Mengevaluasi Kinerja Ombudsman RI

10/23/2024 | 23:13 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-23T16:13:27Z


Pontianak || Alasannews.com -Sebagaimana kita pahami bahwa birokrasi merupakan instrumen pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik  sesuai tingkat kebutuhan publik itu sendiri. Tegasnya dapat dikatakan bahwa  substansi birokrasi pemerintahan sipil, dan kepolisian adalah "Pelayanan Publik". Tidak ada artinya kehadiran pemerintah pusat sampai kedaerah  kalau tidak ada "Pelayan Publik  Kata Praktisi dan Pemerhati hukum,.  Herman Munawar,Rabu ( 23/10/2024)

Lanjut, Jadi intinya kehadiran pemerintah itu adalah hadirnya "Pelayanan Publik" yang "aman dan nyaman".  Aman artinya semua "data publik"  tidak dapat di akses  oleh pihak yang tidak berhak. Aman mengandung makna data publik dijamin kerahasian nya. "Nyaman" mengandung  makna personil atau petugas dalam membsrikan pelayanan betul-betul orang yang memahami tugas dan fungsinya serta "aura"  dalam memberikan pelayanan terasa ada ketulusan, tampa  diskriminiasi  dalam pelayanan tidak perlu diiringi dengan "doa" ( dorongan amplop) siapapun  apapun Masyarakat  mendapatkan pelayanan yang sama.

Memgingat akan pentingnya pelayanan publik ini maka  harus dipastikan bahwa pelayanan publik itu baik adanya dalam rangka memastikan pelayanan publik itu berjalan dengan baik maka lahirlah Ombudsman yg bertugas khusus melakukan pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan birokrasi.

Sebagaimana diamanahkan dalam UU No. 37 Thn 2008 ditentukan bahwa Ombudsman RI berfungsi untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan, baik di pusat maupun di daerah, termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, BUMD), dan Badan Hukum Milik Negara (BHMN), serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu. 

Peran Ombudsman sangat strategis untuk menciptakan tatanan pemerintahan yang baik.  
Namun dalam satu dasawarsa  ini kehadiran ombudman sama sekali tidak bisa mendorong agar pelayan publik dapat berjalan dengan baik. Atau dengan kata lain kehadiran Ombudsman tidak bermakna apa-apa. Bahkan terkesan ombudsman hanya kumpulan sekelompok orang menikmati fasilitas negara.

Selama ini ombudsman gencar memberikan penghargaan pada pemerintah daerah bahwa pemda telah melakukan pelayanan publik. Padahal faktanya jauh panggang dari api. Ombudsman berorientasi lebih pada  administrasi bukan substansi pelayanaan.

Hampir pada setiap instansi pemerintah baik vertikal maupun horizontal  bermasalah dalam pelayanan publik. 
Oleh sebab itu publik sangat berharap pada presiden prabowo dan DPR RI  untuk melakukan evaluasi atas kerja-kerja Ombudsman.

Hal ini sudah sangat urgen untuk memperankan ombudsman ini dengan baik. Hal ini dikarenakan kondisi saat ini inovasi dalam pelayanan publik sangat jauh dari harapan masyarakat, Diskriminasi dalam pelayanan publik semakin terasa.

Stigma negatif terhadap kinerja ombudsman ini semakin berkembang di masyarakat. 
Ombudman memiliki fasilitas yang menjadi beban negara akan tetapi tidak ada output  kinerja yang berarti.


Sumber : Dr.Herman Hofi Law
Red || Gugun 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update