Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Babinsa Kodim 1209-04/Sls Sukseskan Program Optimalisasi Lahan (Oplah)

10/07/2024 | 00:49 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-06T17:49:14Z


Bengkayang , Alasannews.com - Untuk membantu petani dalam mencapai swasembada pangan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 04/Seluas,Koptu Rudi turun dampingi dan membantu proses pengairan lahan persawahan serta pengolahan lahan di Desa.Sentangau Jaya,Kec.Seluas,Kab.Bengkayang.
Minggu (6/10/24).

Koptu Rudi menjelaskan program optimalisasi lahan (Oplah) adalah usaha meningkatkan indeks pertanaman atau provitas melalui kegiatan penataan sistem tata air dan penataan lahan pada lahan yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat petani,diharapkan program itu nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan.


Kegiatan tersebut merupakan langkah strategis dalam meningkatkan ketersediaan air untuk pertanian dan mendukung produktivitas sawah guna mencapai ketahanan pangan di tingkat lokal.

Pendampingan ini untuk memastikan pengolahan lahan dan pembuatan saluran air berjalan lancar tanpa kendala, ini merupakan bentuk komitmen TNI dalam mendukung program ketahanan pangan nasional.


TNI selalu siap membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian,salah satu bentuk bantuannya adalah dengan terjun langsung ke lokasi pembuatan parit air dan oplah serta melakukan pendampingan kepada petani di desa binaan seperti ini,” ujar Babinsa.

Dengan dukungan dan bimbingan yang diberikan, diharapkan pembuatan parit air ini dapat meningkatkan pengairan dengan optimal lahan pada pertanian, guna mendukung pertumbuhan tanaman,serta meningkatkan produksi hasil pertanian, khususnya bagi petani di,Desa Sentangau Jaya.

Melalui ketersediaan air yang cukup dan teratur di lahan pertanian, diharapkan petani lokal dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan ekonomi mereka, serta turut menguatkan ketahanan pangan,pungkas Babinsa.


(Pendim 1209/Bky).
Red / Gugun 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update