Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pesan Wawali Kota, Diacara Pelantikan Dewan Kota Palu.

9/09/2024 | 21:19 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-09T14:19:00Z


AlasanNews Palu --  Wakil walikota Palu Renny A Lamdjido, dalam sambutan tertulis Mendagri yang dibacakannya. Pada sidang paripurna dewan perwakilan rakyat. Saat pengambilan sumpah jabatan. 35 Anggota terpilih pada pileg periode 2024-2029. 

    Antara lain Mendagri berpesan. Bahwa kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh proses pemilihan umum, secara pilosofis berkedudukan sebagai sarana demokrasi dimaksudkan. Untuk melaksanakan kedaulatan rakyat, dalam pemerintahan negara kesatuan republik Indonesia.

    Dan kita patut berbangga karena bangsa kita menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi sehingga dapat melaksanakan 13 kali Pemilu yang tertib dan lancar. 

    Selain ucapan terimakasih Mendagri kepada seluruh rakyat yang telah menggunakan hak pilihnya. Ucapan serupa juga ditujukan kepada pemerintah daerah,aparat keamanan, rekan media.

     Dan seluruh stik holder lainya,  

karena telah ikut mensuksekan agenda besar pemilu.yang demokratis,damai dan lancar. Selain itu wawali Kota Palu menyatakan ada dua hal harus dicermati oleh anggota yang baru saja dilantik.

    Pertama kedudukan DPRD merupakan bagian integral dari pemerintah daerah. Dimana karakter DPRD dalam kerangka negara kesatuan. Tentu berbeda dengan lembaga legislatif di negara federal. Yang menganut pemisahan negara secara absolut.

    Maka sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014. Meletakan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan, yang  bermitra sejajar dengan kepala daerah.

   Kedua setiap anggota dipilih dalam pemilu yang pencalonannya melalui partai politik. Sehingga anggota DPRD memiliki ikatan yang kuat sepagai perpanjangan dari partai politik. Maka sebisa mungkin tempatkanlah kepentingan publik diatas kepentingan pribadi dan golongan. 

    Disamping itu seluruh kinerja anggota dewan diawasi oleh. Penegak hukum, seperti. KPK. BPK. BPKP.#agus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update