Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wakil Bupati Tolitoli Jadi Pembina Upacara pada Hari Koperasi Nasional Yang Ke 77 Tahun

7/17/2024 | 13:36 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-17T06:36:00Z

 


TOLITOLI - Wakil bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan bertindak Sebagai pembina upacara pada Upacara Hari Koperasi Nasional Ke-77 Dirangkaikan dengan Upacara Penegakan Disiplin Nasional Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Di Halaman Kantor Bupati Tolitoli pada hari (Rabu, 17-07/2024).


Dalam Upacara  tersebut Wakil  Bupati Moh Besar Bantilah Membacakan sambutan menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia mengatakan beberapa tahun terakhir ini bangsa-bangsa di dunia tengah menghadapi himpitan krisis yang tidak mudah. mulai dari krisis ekonomi, krisis pangan, krisis energi, krisis iklim dan bahkan krisis geopolitik yang puncaknya menambah ketidakpastian dalam segala sendi kehidupan. tantangan serupa juga terasa dampaknya dan tengah kita hadapi di tanah air seperti gejolak harga pangan dan ketidakpastian masa panen. ketidakpastian hanya mungkin bisa kita jawab dengan prinsip kehati-hatian dengan diagnosa yang benar dengan formula obat yang tepat dengan aksi yang cepat dan yang paling mendasar adalah dengan kebersamaan yang kuat. 

pada peringatan 77 tahun hari Koperasi kali ini menjadi penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran Koperasi di tanah air semakin strategis dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian tersebut  khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan keluar dari ”middle income trap”.  koperasi telah menjelma menjadi solusi untuk memberikan kepastian pembelian produk  memberikan kepastian terhadap akses inovasi teknologi, memberikan kepastian terhadap akses kemitraan dan bahkan akses permodalan. koperasi berperan sebagai ekosistem pendukung ekonomi usaha mikro dan kecil koperasi harus terlebih dahulu hadir sebagai pemberdaya anggota. koperasi tidak boleh sekedar memenuhi ambisi sebagian pengurusnya saja. apalagi sampai terperangkap dengan nostalgia di masa lalu. dunia terus berubah  begitupun koperasi harus terus menyempurnakan gerakannya menjawab tantangan zaman yang terus berubah.

koperasi di tengah himpitan krisis dan serba ketidakpastian hari ini harus semakin “agile yakni memiliki kemampuan adaptasi lebih cepat, lebih inovatif dan lebih akuntabel sehingga dapat memberikan manfaat lebih besar kepada anggota dan lingkungannya. "untuk itu kami tidak bosan-bosannya mengingatkan agar akuntabilitas koperasi harus terus diperkuat tata kelola koperasi harus semakin baik sehingga koperasi semakin dipercaya oleh masyarakat". kita ingin koperasi menjadi pilihan rasional bagi tiap-tiap warga negara untuk menaruh harapan dan mengembangkan usahanya. maka  semangat inilah yang kita ingin lembagakan ke dalam rancangan undang-undang koperasi. kita berharap agar ruu koperasi segera diundangkan guna memperkuat ekosistem kelembagaan koperasi yang lebih baik.


Selanjutnya wakil bupati menambah selain memperingati hari Koperasi  Nasional kita juga melaksanakan upacara penegakan disiplin. disiplin merupakan kunci keberhasilan dalam segala hal termasuk dalam pengelolaan koperasi. dengan disiplin yang tinggi kita dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas koperasi  sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi anggotanya dan masyarakat luas.

Selanjutnya wakil bupati mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya para penggiat koperasi  untuk terus memperkuat semangat gotong royong dan kerja sama. mari kita jadikan koperasi sebagai pilar utama dalam membangun ekonomi Nasional yang berdaulat dan mandiri menuju indonesia emas 2045.


Turut  Hadir  Dalam  Upacara  Tersebut,

 Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, Para Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, Para Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli, Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Unit Kerja Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Para Kepala dan Penggiat Koperasi Sekabupaten Tolitoli, Para Aparatur Sipil Negara, Peserta Upacara..* WHY *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update