Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Palu kini punya Bus Trans, segera beroperasi

7/17/2024 | 12:41 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-17T05:41:54Z

 


ALASANnews, PALU -- Kabar gembira bagi masyarakat Kota Palu! Sebanyak 24 unit Bus Trans Palu, beserta 2 unit cadangan, akan segera beroperasi di ibukota Sulawesi Tengah ini.


Kehadiran Bus Trans Palu menjadikan kota ini sebagai daerah pertama di Sulteng yang menerapkan sistem transportasi publik modern. Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE, melakukan peninjauan langsung terhadap progres pengerjaan Bus Trans Palu di Kota Malang, Jawa Timur, pada Selasa (16/7/2024). Ia didampingi oleh sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.


Dalam kunjungan tersebut, wali kota mengungkapkan bahwa pengerjaan Bus Trans Palu telah mencapai 70% dan ditargetkan untuk uji coba pada awal Agustus 2024. Bus ini memiliki kapasitas 35 penumpang, dengan 21 kursi duduk, dan direncanakan akan resmi beroperasi pada bulan Oktober 2024.


“Total 26 unit bus ini akan dilengkapi dengan control room untuk memantau titik lokasi dan menjadi pusat komunikasi dengan driver bus,” jelas Wali Kota.


Kepala Dinas Perhubungan Kota Palu, Trisno Yunianto, menjelaskan bahwa kerjasama dalam pengoperasian Bus Trans Palu dilakukan dengan PT. Bagong Transport melalui sistem Buy The Service (BTS). “Pemerintah Kota Palu tidak melakukan pengadaan bus, melainkan membeli jasa pelayanan dari PT. Bagong Transport,” ungkap Kadis Trisno. Pemda akan menyiapkan halte dan bus stop, serta membayar per kilometer dari bus yang beroperasi.


“PT. Bagong Transport yang bertanggung jawab atas biaya kendaraan, BBM, dan operasionalnya. Pemda hanya menerima hasil dan pelayanan angkutan umum di Kota Palu berjalan,” jelas Kadis.


Kehadiran Bus Trans Palu menjadi tonggak sejarah baru bagi Kota Palu sebagai pelopor sistem transportasi publik yang modern dan ramah lingkungan di Sulawesi Tengah. Diharapkan, dengan adanya sistem transportasi ini, mobilitas masyarakat Kota Palu menjadi lebih mudah dan nyaman, serta mengurangi kemacetan dan polusi udara di kota ini. Kehadiran bus-bus ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian kota dengan menyediakan akses transportasi yang lebih efisien bagi warga dan wisatawan.


Warga Kota Palu sangat antusias menyambut kehadiran Bus Trans Palu ini. Banyak yang berharap, dengan adanya transportasi publik yang baik, kualitas hidup mereka akan meningkat. Selain itu, keberadaan Bus Trans Palu diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Sulawesi Tengah untuk mengembangkan sistem transportasi publik yang modern dan ramah lingkungan. 


Dengan demikian, Kota Palu tidak hanya menjadi pelopor dalam hal transportasi publik di Sulawesi Tengah, tetapi juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup warganya melalui inovasi dan pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update