Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kodiklatal Resmi Tutup Suspaidikla dan Susparengar TA. 2024

7/30/2024 | 19:27 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-30T12:27:29Z

 


ALASANnews  --  Komandan Kodikopsla (Dankodikopsla) Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah memimpin Upacara Penyumpahan Perwira Penyidik TNI Angkatan Laut dan Penutupan Pendidikan Suspaidikla dan Susparengar TA. 2024, bertempat di Gedung Betelgeuse Pusdiklapa Kodiklatal, Bumimoro Surabaya.  Selasa (30/07/2024).


Dalam amanatnya Dankodikopsla menjelaskan, sebagaimana berdasarkan aturan Hukum Nasional dan Internasional yang telah diratifikasi, berkaitan dengan tindak pidana tertentu di laut, bahwa Perwira TNI Angkatan Laut mempunyai kewenangan sebagai Penyidik.


"Oleh sebab itu, pada kesempatan ini bersamaan dengan Upacara Penutupan Program Pendidikan Suspaidikla dan Susparengar dilaksanakan juga Upacara Penyumpahan Perwira Penyidik TNI AL kepada 126 Perwira, terdiri dari 36 Pasis Diklapa, 8 Pasis Dikmatra-2, 29 Pasis Dikaplikasi-2, 4 Perwira Antap Kodiklatal dan 49 Alumni Pasis Suspaidikla", terangnya.


Adapun Program Pendidikan yang ditutup pada hari ini adalah Program Pendidikan setara dengan Dikspespa Plus yang telah dilaksanakan di Sefung Pusdiklapa serta telah diikuti oleh 78 Perwira yang terdiri dari 49 Perwira Suspaidikla dan 29 Perwira Susparenggar serta dinyatakan Lulus 100%.


Menurut Laksma Iwan, selama tiga bulan para Perwira telah dibekali ilmu pengetahuan tentang Opskamla, pemberkasan baik di KRI maupun Pangkalan, serta didukung Lattek Admin Game pemberkasan KRI dan Pangkalan, serta Lattek di Pelindo, Bea Cukai, dan Pengadilan Negeri Surabaya bagi Perwira Suspadikla.


Demikian juga Perwira Susparengar telah dibekali berbagai ilmu pengetahuan tentang perencanaan program dan anggaran, pembinaan sistem, pengadaan barang dan jasa, serta didukung Lattek Olah Yudha (OYU) Renggar, Admin Game pengadaan barang dan jasa. 


"Para Perwira telah melewati fase pendidikan, fase pembinaan, fase pelatihan untuk  bertugas sebagai Perwira Penyidik dan Perwira Staf Perencana TNI AL, sehingga dengan berbekal berbagai ilmu dan keterampilan yang telah dapatkan selama ini, dapat diaplikasikan secara optimal ditempat penugasan masing-masing nantinya, selesaikanlah tugas dan kepercayaan yang telah diamanahkan dengan penuh tanggung jawab, tulus, ikhlas dan tuntas", tandas Dankodikopsla Kodiklatal.


Tampak hadir, Wadan Kodikopsla, para Danpusdik, Kadep, Komandan Sekolah di jajaran Kodikopsla Kodiklatal.***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update