Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadis Kominfo Santik Menjadi Narasumber pada Seminar Literasi : Beretika di Ruang Digital

6/23/2024 | 01:12 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-22T18:14:10Z






Palu, ALLASANnews.com,- Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona menjadi Narasumber pada Seminar Literasi : Beretika di Ruang Digital dan meningkatkan pemahaman manusia dalam penggunaan Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) di Era Sosial 5.0. Bertempat, di Aula Pasca Sarjana UIN Datokarama Palu. Sabtu, (22/6/2024)


Dalam paparannya, Kadis Kominfo Santik membawakan materi tentang Peran Pemerintah dalam penerapan Digitalisasi.


Sudaryano menjelaskan, transformasi digital adalah perubahan menyeluruh dalam operasi, proses bisnis, dan model bisnis suatu organisasi dengan memanfaatkan teknologi digital. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, inovasi dan daya saing.


"Penting untuk diingat, transformasi digital juga memerlukan perubahan budaya, manajemen yang efektif dan investasi yang tepat dalam infrastruktur teknologi", ungkap Sudaryano 


Selain itu kata Sudaryano, perubahan sosial 5.0 mencerminkan tahap dimana teknologi tidak hanya mempengaruhi aspek-aspek industri, tetapi juga berdampak pada cara berinteraksi, bekerja dan kehidupan bermasyarakat. 


Ia juga menuturkan, transformasi digital melibatkan penggunaan teknologi seperti ; kecerdasan buatan, analitik  data, penyimpanan awan (cloud computing) dan  pemikiran internet (Internet of Thinks). 


Untuk itu, Kemenkominfo dan Dinas Kominfo memiliki peran yang sangat penting dalam perubahan sosial 5.0 yakni ; pengembangan infrastruktur digital, regulasi dan kebijakan teknologi, literasi dan edukasi digital, kolaborasi dengan sektor swasta dan akademisi, penerapan teknologi, keamanan dan ketahanan siber, promosi dan inovasi. 


Terkahir, mantan Kadis Damkar ini berharap, seluruh peserta dapat lebih beradaptasi diera saat ini terutama dalam menggunakan teknologi informasi secara efektif dan efisien.  


Turut hadir : Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Palu Tamrin Talibe, Ketua AJI Palu Yardin Hasan, Dosen, Mahasiswa/Mahasiswi, SMA/SMK Sederajat se-Kota Palu. ***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update