Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Pemerintahan Desa dan BPD Kabupaten Sanggau

6/25/2024 | 13:53 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-25T06:53:27Z
Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Pemerintahan Desa dan BPD Kabupaten Sanggau
Pontianak ,Alasannews.com — Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Sanggau berlangsung di Hotel Orcad, Gajahmada, Pontianak. Ketua Lembaga Pusat Studi Pengembangan Kompetensi Kalimantan Barat, Sulaiman, menyampaikan kepada media bahwa lembaganya hanya memfasilitasi kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM).24 Juni 2024.

"Kami hanya sebatas memfasilitasi saja. Pemateri diundang dari berbagai institusi seperti kejaksaan, kepolisian, dan aparatur pemerintah, serta praktisi yang berkaitan dengan urusan desa," jelas Sulaiman.

Ia menambahkan bahwa salah satu fokus Bimtek adalah peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan desa. "Penganggaran desa adalah salah satu tugas utama kepala desa. Mereka harus mengelola keuangan desa dengan baik dan mencapai akreditasi yang bagus dalam tata kelola pemerintahan desa."

Kegiatan Bimtek ini telah dilaksanakan beberapa kali dan mendapat sambutan positif dari berbagai kabupaten yang sering menggunakan jasa lembaga ini sebagai penyelenggara Bimtek pengelolaan anggaran desa.

Mengenai kendala dalam pengelolaan keuangan desa, Sulaiman menyatakan tidak ada masalah signifikan. "Para kepala desa belajar dan bertanya kepada narasumber mengenai hal-hal yang tidak mereka mengerti. Sampai saat ini, kami belum menemukan kasus yang bermasalah."

Sulaiman berharap Bimtek pengelolaan keuangan desa memberikan manfaat nyata bagi peserta, terutama dalam meningkatkan kapasitas pemerintahan desa. "Harapan kami sebagai penyelenggara Bimtek tentu saja agar kegiatan ini bermanfaat bagi pemerintah desa," tutupnya.

(M. Supandi / Jaiyadi)
Editor/Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update