Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Usul Calon Pj Bupati Buol 2023-2024 Masih Teka Teki Siapa Yang Bakal Disetujui Kemendagri

9/05/2023 | 12:26 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-05T05:26:54Z


Penulis Suleman Dj. Latantu 
Palu, AlasanNews.com.  Prediksi siapa calon Pj Bupati Buol tahun 2023 yang bakal disetujui  Kemendagri melalui Presiden berdasarkan usulan DPRD Buol dan Usulan Gubernur Sulteng, kini menjadi perbincangan hangat, baik dikalangan masyarakat maupun para elit politik lainnya di daerah itu.

Diketahui dalam proses rekruitmen calon Pj Bupati Buol tahun 2023 sesuai surat Sekjen Depdagri, pekan lalu DPRD Buol melalui rapat paripurna telah menetapkan 3 orang calon pengganti Pj Bupati Buol saat ini.
 
Adapun tiga nama calon yang ditetapkan berdasarkan hasil voting suara 8 Fraksi di DPRD Buol itu yakni  Kepala Pusat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Kementrian Desa PDTT Dr.H Yusra, M.Pd, dan Kepala BPSDM Provinsi Sulteng Dr.Drs. Adidjoyo Dauda, M.Si masing masing memperoleh sebanyak 8 suara. Sedang Stap Ahli Gubernur Sulteng  Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr.Rohani Mastura hanya memperoleh 4 suara, 

Menyusul Pj Bupati Buol saat ini Drs.M.Muchlis MM yang namanya juga masuk dalam proses penjaringan calon hanya memperoleh 3 suara, dan Kepala Biro Pengadaan barang dan jasa Setprov Sulteng Muchsin H.Pakaya, SE, M.si hanya 1 suara.

Dari hasil paripurna tersebut, selanjutnya  DPRD Buol secara resmi mengeluarkan/menyampaikan usul rekomendasi ketiga nama calon tersebut kepada Mendagri untuk diseleksi, siapa salah satu dari ketiga nama calon tersebut yang akan disetujui/ditetapkan menjadi Pj Bupati Buol berdasarkan ketentuan perundang undangan yang berlaku.

Menyusul selain DPRD, Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura berdasarkan ketentuan perundang undangan yang berlaku, juga telah menyampaikan usul 3 nama calon kepada Mendagri. 

Ketiga nama calon tersebut yakni Kepala BPSDM Provinsi Sulteng Dr.Drs Adidjoyo Dauda, M.Si, Pj Bupati Buol saat ini Drs.M.Muchlis MM dan Kepala Biro Hukum Setprov Sulteng Adiman, SH. 

Sementara sebuah sumber berpendapat, jika dilihat dari sisi kemampuan SDM dan persyaratan administrasi yang dimiliki para calon Pj bupati buol dinilai  semuanya berpeluang , baik yang diusulkan DPRD Buol maupun Gubernur Sulteng. 

"Semua calon yang telah diusulkan jelas punya peluang yang sama. Dan soal siapa calon yang bakal disetujui oleh Mendagri semuanya tergantung hasil  penilaian tim seleksi. Prinsipnya kita tunggu   saja hasilnya siapa dari enam calon  yang telah diusul itu bakal mendapat kesempatan menjadi Pj Bupati Buol" ujarnya 

Menyusul terkait adanya pro kontra pendukung terhadap calonya masing masing, menurutnya itu hal biasa terjadi dan tidak perlu diperdebatkan. Prinsipnya siapa saja  nama calon yang disetujui berarti sudah itu yang terbaik untuk bisa memimpin Buol hingga terpilih dan dilantiknya Bupati definitif tahun 2024 mendatang, ujarnya menambahkan ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update