Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kuasai Teknik Penyelaman Bawah Air, Taruna AAL Berhak Raih Brevet Selam Dasar

6/17/2023 | 00:20 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-16T17:20:33Z


Surabaya, alasannews.com
Setelah sepekan melaksanakan latihan praktek selam dasar, Taruna AAL Tingkat III Angkatan ke-69 berhasil memperoleh ketrampilan menyelam dengan meraih Brevet Selam Dasar. Upacara penyematan brevet selam dasar sekaligus menutup kegiatan latihan dipimpin langsung oleh Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi di kantor Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II, Ujung, Surabaya, hari Jum’at tanggal 16 Juni 2023.

Latihan praktek selam dasar Taruna AAL ini dibagi dalam dua gelombang, untuk gelombang I dilaksanakan Taruna Korps Pelaut dan Marinir pada tanggal 22 sampai dengan 28 Mei 2023, sedangkan gelombang II dilaksanakan Taruna Korps Teknik, Elektronika dan Suplai pada tanggal 12 sampai dengan 16 Juni 2023.

Gubernur AAL mengatakan latihan selam dasar bagi Taruna Tingkat III pada dasarnya bertujuan untuk memberikan kemampuan selam dasar bagi seluruh Taruna sehingga akan dapat membantu dalam penugasan di masa mendatang serta dapat menambah pengalaman dan ketrampilan bagi Taruna khususnya kemampuan menyelam dasar.

Lebih lanjut Gubernur AAL menerangkan dalam kaitannya dengan pelaksanaan latihan kali ini, Taruna AAL sebagai cikal bakal Perwira Matra Laut sebagai salah satu bagian integral TNI harus tetap dapat merealisasikan kemampuan asasinya diantaranya dalam pelaksanaan operasi penyelaman bawah air dan dapat menampilkan kemampuannya dalam memberikan dukungan terhadap operasi keamanan dalam negeri apabila dibutuhkan.

”Perlu dipahami bahwa bekal keterampilan selam yang telah dikuasai para Taruna masih merupakan kemampuan selam dasar, oleh sebab itu masih terbuka kesempatan untuk dikembangkan dalam penugasan-penugasan kedepan, mengingat hal tersebut sangat terkait erat dengan tuntutan profesionalisme prajurit matra laut”, pesan Gubernur AAL kepada Taruna.

Sebelum meraih brevet selam dasar, para Taruna melaksanakan berbagai materi latihan yang telah diajarkan di Kolam Renang AAL, Seselam Kodiklatal dan di Diving Tank Dislambair Koarmada ll, diantaranya water trapen, tahan nafas, menyelam di kedalaman, pengoperasian peralatan Buoyancy Compensator Device (BCD) dan Self-Contained Underwater Breathing Apparatus (SCUBA). Sedangkan pengambilan Brevet Selam Dasar dilakukan setiap Taruna dengan menyelam tanpa alat di kedalaman 5 meter, dilanjutkan melaksanakan penyelaman di laut Kolam Basin Koarmada II dengan alat SCUBA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update