Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

ESTAFET TONGKAT KOMANDO Gerakan Pramuka Kota Pontianak

9/18/2022 | 11:37 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-18T04:37:51Z



PONTIANAK – Musyawarah Cabang (Muscab) Tahun 2022 Gerakan Pramuka Kota Pontianak resmi dibuka oleh Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang pada Sabtu (17/09) di Hotel Orchand Perdana.

Kegiatan itu dihadiri oleh segenap Ketua Kwarran dan tokoh – tokoh Gerakan Pramuka di Kota Pontianak, dengan agenda utama menentukan estafet kepemimpinan Kwarcab sebagai bentuk amanah segenap anggota dalam membuat Gerakan Pramuka di Pontianak terus eksis sebagai organisasi sosial pembentuk generasi muda yang nasionalis serta mempunyai kedisiplinan diri.

Dalam sambutannya, Walikota Pontianak sekaligus Kamabicab berpesan kepada seluruh elemen penggerak pramuka yang turut serta dalam Muscab tahun 2022 ini, tetap menjunjung prinsip dasar kepramukaan sehingga kondusifitas pelaksanaan kegiatan berlangsung lancar. “Sebagai Mabicab, berharap kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan kaidah kepramukaan, AD/ART dan utamakan musyawarah mufakat”, pesan Walikota.

Walikota Pontianak menyatakan bahwa tujuan gerakan pramuka yakni melatih generasi muda bisa memaksimalkan potensi yang ada, baik segi intelektual, spiritual serta membentuk akhlak mulia.

“Gerakan Pramuka dapat menjadi pioneer dalam mengoptimalkan potensi generasi muda Kota Pontianak dan kami selaku pemerintah siap mendukung pramuka di Kota Pontianak, bahkan nanti kita bisa kembangkan perkemahan rutin setingkat kwarcab sebagai wadah silaturahmi sekaligus menjalin komunikasi secara rutin”, lanjut Walikota.

Terkait dengan kepengurusan baru Kwarcab Kota Pontianak yang akan ditentukan di Muscab, Walikota, Edi Rusdi Kamtono pun berujar bahwa penerus estafet gerakan pramuka Kota Pontianak makin kompak demi memajukan organisasi, “Semoga pengurus baru bisa terbentuk dan semakin kompak untuk kemajuan pramuka Kota Pontianak serta sinergi yang diperkuat dengan menyukseskan program – program yang telah kita konsolidasikan bersama”, ujar Walikota kepada awak media ini.

Ketua Kwarcab Kota Pontianak periode 2017 – 2022, Mahdi berharap dalam pelaksanaan Muscab Tahun 2022 ini bisa berjalan dengan kondusif. “Hari ini merupakan puncak daripada kegiatan musyawarah gerakan pramuka Kota Pontianak, kita berharap semoga pelaksanaan muscab ini berjalan dengan lancar, aman, tertib dan damai”, ujar Mahdi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, “Saya di sini mengantarkan akhir dari masa jabatan saya sebagai Ka Kwarcab ini, harus dengan damai dan tentu harapan kita ke depa, Kwarcab tambah maju baik terkait dengan pembinaan – pembinaan, kualifikasi para pembina dan pelatih di Kota Pontianak semakin bertambah”, jelas Ketua Kwarcab periode 2017/2022 tersebut.

Setelah melewati masa persidangan pleno komisi – komisi pada Muscab Gerakan Pramuka Kota Pontianak Tahun 2022 ini, mencuat dua nama terakhir kandidat Ketua Kwartir Cabang Kota Pontianak untuk periode 2022 – 2027, yaitu Kakak Mahdi, Ketua Demisioner dan Kakak Firdaus. 

Dua nama yang digodok dalam sidang komisi, pada akhirnya secara mufakat ditetapkan bahwa Saudara Firdaus Zar’in terpilih menggantikan Saudara Mahdi sebagai Ketua Kwarcab Kota Pontianak periode 2022/2027. “Pertama yang akan kita lakukan adalah konsolidasi organisasi di tingkat Kwarran, kami akan laksanakan pembenahan – pembenahan. Kedua, terkait program kerja, berupa pendidikan dan pelatihan baik secara internal dan ekternal yang turun dari nasional kita akan laksanakan. Selanjutnya kita mengarah kepada kerjasama dengan instansi terkait untuk penguatan – penguatan pramuka di lingkupnya”, ungkap Firdaus yang juga saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak.

Sekretari Kwartir Daerah Kalimantan Barat, Iwan Gunawan yang hadir di Muscab saat ditemui awak media mengatakan, “Jadi Kwartir Cabang Kota Pontianak ini yang berada di Ibukota Provinsi, artinya merupakan kwartir cabang yang menjadi barometer kwarcab yang lain. Kwarcab Pontianak berada berdampingan dengan Kwartir Daerah Kalbar, sehingga kami sangat berharap bahwa Kwarcab Kota Pontianak ini bisa bekerjasama menjadi Kwartir Cabang unggulan dikarenakan dari penglihatan saya selama ini, potensi Kwarcab di Pontianak ini sangat besar, ditambah oleh perhatian dari Majelis Pembimbing Cabang, Pak Walikota cukup baik terhadap Gerakan Pramuka”, ungkapnya.

“Kemudian seluruh Mabiran atau camat – camat Se-Kota Pontianak memberikan dukungannya yang sangat luar biasa kepada gerakan pramuka di Kota Pontianak ini”, lanjut Iwan.

Pada sela – sela Muscab yang digelar Gerakan Pramuka Kota Pontianak, dirangkai dengan penyerahan penghargaan Anugrah Lencana Karya Bhakti dari Kwartir Nasional kepada anggota yang dinilai mempunyai andil dalam pengembangan kegiatan Pramuka dari bidang penanggulangan bencana di lingkungan masyarakat sekitar. Anugrah Karya Bhakti diserahkan kepada dua orang anggota yang berasal dari Kwarran Pontianak Timur.

Farhan, selaku Ka Kwarran Pontianak Timur saat ditemui awak media memaparkan terkait anugrah ini merupakan anugrah kepada anggota atas keterlibatan aktif dalam berbagai bentuk kegiatan sosial dari segi program peduli bencana, “Penghargaan ini diberikan berdasar kepada keikutsertaan anggota dalam kegiatan – kegiatan kebencanaan, dalam Kwartir Ranting Pontianak Timur selama masa pandemi Covid kemarin, kamri menjalankan perintah dari Mabiran kami yaitu Camat kami sendiri, Pak Ismail Abdurrahman. Kami bergerak aktif dalam penanganan Covid, edukasi kemudian melakukan penyemprotan disinfektan dan lain – lain. Di Pontianak Timur, kami mengajukan empat nama dan yang direstui oleh Kwartir Nasional ada tiga orang yang secara simbolis juga telah disematkan oleh Majelis Pembimbing Daerah saat kegiatan di Kapuas Hulu beberapa waktu yang lalu”, paparnya.

“Penghargaan ini adalah motivasi terhadap kami untuk terus berkarya, mengabdi tanpa batas kepada gerakan pramuka, kemudian juga sebagai dorongan semangat kepada anggota – anggota pramuka di Kota Pontianak ini, ayo kita berkarya, berbuat, membantu segala macam kegiatan sosial”, tutur Farhan.

Camat Pontianak Timur, yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Ranting, Ismail Abdurahaman saat ditemui menjelaskan terkait anugrah penghargaan yang diterima anggota Kwarran Pontianak Timur mengapresiasi kepengurusan Kwarran di wilayahnya atas keaktifan gerakan pramuka, khususnya bidang sosial di Pontianak Timur.

“Kita apresiasi dengan Ka Kwarran beserta jajarannya, memang mereka ini dalam aktifitas pramuka  sangat aktif, artinya tidak semata – mata hanya kegiatan kepelatihan saja, namun aktif secara langsung di kegiatan – kegiatan sosial. Jadi saya semenjak menjadi Mabiran di Pontianak Timur, melibatkan gerakan pramuka dalam permasalahan – permaslahan sosial, termasuk lingkungan”, ungakap Camat Pontianak Timur, Ismail Abdurahman.

Dipaparkan lebih lanjut oleh Ismail terkait keaktifan gerakan pramuka di Pontianak Timur, ia memberikan contoh pada penggunaan sumbangan sampan atau perahu yang sangat optimal dan asas fungsi sosialnya menjadi luar biasa dikelola oleh Kwarran. “Kami pernah memberikan bantuan berupa perahu, sampan untuk membersihkan bantaran di sepanjang kawasan sungai, dan mereka hampir setiap minggu, anggota kwarran piket membersihkan sungai. Kemudian juga terkait bencana, kwarran Pontianak Timur ini turun aktif, baik saat pandemi kemarin, peduli banjir dan yang sering terjadi di kawasan timur kota, puting beliung, mereka aktif dalam membantu. Khusus saat pandemi, di pramuka ini, mereka menggagas relawan untuk membantu penanganan coid itu, namanya Relawan Siap”, ungakap Mabiran di ujung wawancara.
(Gugun /Oz/Run)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update